Friday, 29 March 2024
HomeViralViral Bus Ludes Terbakar di Tol Pandaan Pasuruan, Ini Kata Polisi

Viral Bus Ludes Terbakar di Tol Pandaan Pasuruan, Ini Kata Polisi

Bogordaily.net–Kebakaran hebat menimpa bus rombongan wisata di arah ke Malang, , Minggu, 6 Maret 2022. Sebuah video yang merekam peristiwa terbakarnya bus di KM 60.800 itu viral di media sosial.

Informasi yang dihimpun, bus yang dikemudikan oleh Joko Umbaran (53) warga Kediri ini mengangkut rombongan wisatawan asal Malang. Total ada 48 penumpang dalam bus wisata PO AL Mubarok dengan nopol K 1670 EW. Bus hendak kembali ke Malang usai berwisata dari Yogyakarta.

“Semula kendaraan berjalan di lajur satu dengan kecepatan sedang, setelah melaksanakan rekreasi di Yogya,” kata Kasat PJR Ditlantas Polda AKBP Dwi Sumrahadi dikutip dari Detik.com, Minggu, 6 Maret 2022.

Setibanya di KM 60.800 sekitar pukul 07.15 WIB, bagian belakang bus mengeluarkan percikan api. Hal ini terlihat dari spion bus. Bus akhirnya berhenti di bahu jalan tol dan seluruh penumpang pun turun. Mereka sempat panik, tetapi seluruh penumpang selamat.

“Penumpang bagian belakang berteriak karena bagian belakang . Kemudian bus menepi di bahu jalan untuk evakuasi penumpang beserta kru bus,” sambung Dwi.

Sementara itu, kru bus dibantu penumpang mencoba memadamkan api. Mereka menggunakan 8 APAR. Namun, upaya tersebut tak membuahkan hasil sebab api terus melalap bus hingga ludes.

Api akhirnya bisa dipadamkan sekitar pukul 08.00 WIB dibantu oleh petugas Pemadam Kebakaran Pasuruan. Bus tersebut kemudian dievakuasi ke kantor Tol Purwodadi.

Kejadian tersebut sempat mengakibatkan kemacetan di . Untuk mengurai kemacetan, polisi segera melakukan pengaturan lalu lintas. Ada sejumlah kendaraan yang diarahkan keluar melalui Exit Tol Pandaan dan diimbau melintasi jalur bawah. Hal ini dilakukan agar kemacetan tidak terlalu panjang di dalam tol.

Panit PJR Tol Jatim 4 Iptu Sudirman mengatakan, jalur ini juga sempat ditutup untuk proses evakuasi dan pemadaman kebakaran bus. Namun usai bus dievakuasi, jalur sudah kembali dibuka.

di , Minggu, 6 Maret 2022. (Dokumentasi Ditlantas Polda Jatim/Suara.com)

Sementara itu video yang merekam kebakaran bus tersebut sempat viral di media sosial. Sejumlah akun mengunggah video tersebut ke media sosial dan menjadi perbincangan warganet.

Bahkan, tersiar kabar di WhatsApp Group (WAG) pesan berantai yang menyebut jika kebakaran di Tol Pandaan berawal dari salah satu penumpang yang sedang mengecas bank daya atau powerbank.

“Hari ini terjadi bus pariwisata Al Mubarok, membawa rombongan karyawan Bank Mandiri Pati terbakar di Tol Pandaan arah Malang… Ada indikasi penumpangnya ngecas power bank di dalam bis….. Sekedar edukasi buat semua bahwa arus yang ada didalam kabin bis ini terbatas, jika hanya untuk charge HP tidak akan apa-apa karena kapasitasnya paling besar 5000mAh.”

“Terlebih HP mempunyai sistem cut off ketika sudah dalam posisi baterai penuh. Namun untuk powerbank yang mempunyai kapasitas diatas 10.000 mAh akan membutuhkan daya yang besar dan itu akan membuat powerbank dan soket menjadi panas, short dan terbakar. Apalagi jika menggunakan powerbank abal-abal yang tidak mempunyai sistem cut off jika pengisian sudah penuh. peringatan bagi kita smua,” tulis pesan berantai itu seperti dilansir dari Suara.com.

Merespons beredarnya kabar tersebut, Kanit Laka Polres Pasuruan, Ipda A Khunaefi belum bisa memastikan indikasi penyebab kebakaran bus itu berasal korsleting penumpang sedang mengecas powebank tersebut.

“Penyebab korsleting masih dalam proses penyelidikan. Sementara keterangan yang kami dapatkan asap keluar dari belakang,” katanya.

Khunaefi menambahkan, sebelum melibatkan tim Labfor Polda untuk memastikan penyebab kebakaran, Polres Pasuruan akan melakukan gelar perkara terlebih dulu untuk mencari penyebab kebakaran.

“Akan kami laksanakan proses lidik dan gelarkan untuk penyebab kebakaran sebelum koordinasi dengan Labfor (Polda Jatim),” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here