Sunday, 5 May 2024
HomeKota BogorWaduh! Minyak Goreng Kemasan Langka di Kota Bogor

Waduh! Minyak Goreng Kemasan Langka di Kota Bogor

Bogordaily.net – kemasan atau premium di Kota Bogor langka dan sulit ditemukan. Hal itu terbukti, saat Wali Kota Bogor Bima Arya dan Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Bogor, Jalan Roda, Bogor Tengah.

Bima mengungkapkan, memang setelah di cek langsung ke Pasar, kemasan atau premium sangat sulit ditemukan, lantaran minyak tersebut di kirim seminggu sekali dan itu pun dibatasi hanya satu atau dua kotak saja. Sedangkan, untuk curah stoknya banyak, tetapi memang harganya sedikit mahal.

“Jadi hasil temuan kami di sini memastikan tidak ada panic buying (beli panik, red), tidak ada yang beli berlebihan makanya tadi sistem paket, tidak ada yang menimbun dan ini akan kita pantau terus,” kata Bima kepada wartawan, usai sidak di Pasar Bogor, Rabu, 16 Maret 2022.

Ditempat yang sama, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, monitoring ke pasar ini pihaknya menerjunkan 200 personel gabungan, Polresta, Kodim dan . Dimana para personel ini untuk memonitor serta mengawasi distribusi di sebelas pasar yang ada di Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Bogor, Jalan Roda, Bogor Tengah, Rabu 16 Maret 2022.(Istimewa/Bogordaily.net)

“Setiap hari tim ini akan memonitor sehingga memastikan bahwa distribusi itu bisa sampai kepada para pembeli itu sesuai aturan, tidak terjadi antrean yang panjang dan tidak menimbulkan kericuhan,” kata Susatyo.

Menurutnya, dari hasil pantauan di 11 pasar tersebut umumnya untuk harga minya goreng diangka Rp14.000 – Rp16.000 perliter.

“Memang stok untuk kemasan yang premium itu langka, sedangkan untuk minyak curah umumnya masih tersedia dan ini akan kita hingga bulan Ramadan,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, sampai saat ini belum ada pelanggaran yang signifikan dan pihaknya terus menghimbau kepada pedagang untuk tidak menaikan harga tidak terlalu tinggi, serta pembeli pun diminta untuk tidak membeli secara berlebihan.

minyak goreng langka di bogor
Wali Kota Bogor, Bima Arya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Bogor, Jalan Roda, Bogor Tengah, Rabu 16 Maret 2022.(Istimewa/Bogordaily.net)

Bukan itu saja, pihaknya juga mengaku sudah melakukan sidak ke agen-agen bersama Disperindag beberapa minggu lalu dan memang mereka juga mendapatkan di pemasok secara terbatas.

“Jadi permasalahan ini bukan hanya terjadi di Kota Bogor saja tetapi secara nasional dan tugas kami bersama Wali Kota memastikan bahwa, kelangkaan ini tidak menimbulkan masalah lainnya, dan kita pastikan di Kota Bogor masih tersedia,” pungkasnya.*

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here