Monday, 29 April 2024
HomeBeritaWashington Jadi Tuan Rumah KTT ASEAN-AS

Washington Jadi Tuan Rumah KTT ASEAN-AS

Bogordaily.net – Amerika Serikat (AS) akan menjadi tuan rumah untuk KTT ASEAN-AS yang akan digelar pada akhir bulan ini.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan KTT ASEAN-AS akan digelar di pada 28 dan 29 Maret 2022. Itu akan digelar untuk memperingati 45 tahun hubungan AS-ASEAN.

“Adalah prioritas utama bagi Pemerintahan Biden-Harris untuk melayani sebagai mitra yang kuat dan dapat diandalkan serta untuk memperkuat ASEAN yang berdaya dan bersatu untuk mengatasi tantangan zaman kita,” ujar Psaki, dikutip dari RMOL, Selasa 1 Maret 2022.

KTT itu merupakan bagian dari upaya AS untuk meningkatkan keterlibatan dengan Asia Tenggara untuk melawan kekuatan China yang tumbuh.

Psaki mengatakan, KTT ASEAN-AS akan membahas krisis di Myanmar, dan sejumlah isu seperti pemulihan pandemi, perubahan iklim, hingga investasi serta infrastruktur.

Pemerintahan Biden telah mendeklarasikan Indo-Pasifik dan persaingan dengan China sebagai fokus kebijakan luar negeri utamanya, yang ingin dipertahankannya meskipun ada invasi Rusia ke Ukraina.

Biden berjanji untuk mendukung ASEAN dalam membela kebebasan laut dan demokrasi, dan memulai pembicaraan untuk mengembangkan kerangka kerja ekonomi regional.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here