Tuesday, 23 April 2024
HomeBerita10 Inspirasi Menu Saat Sahur Pertama di Bulan Ramadan

10 Inspirasi Menu Saat Sahur Pertama di Bulan Ramadan

Bogordaily.net– Masih bingung menyusun pertama Anda? Sahur pertama memang selalu istimewa lantaran sudah berbulan-bulan berpisah dengan momen ini. Menyiapkan pun kerap jadi tantangan tersendiri bagi sejumlah orang.

Jangan khawatir, banyak yang simpel, enak, dan mengenyangkan bisa kamu buat sendiri di rumah.

Bahannya beragam jadi nggak mudah bosan dengan menunya. menu di bawah ini bisa kamu pilih buat sahur pertama nanti.

1. Ayam kecap
Ayam kecap dengan rasa yang manis dan gurih bisa membuat selera makan Anda bertambah. Rasanya yang manis bisa membantu membuat perut lebih nyaman karena tanpa sambal. Menu ini juga dianggap aman untuk sajian sahur di bulan .

2. Tumis Cabai Brokoli
Resep tumisan adalah sahabat bagi para pemula dan juga yang sudah hobi di dapur. Terlebih tentunya saat sahur, kamu ingin memasak sesuatu yang cepat dan juga mengundang selera.

Maka Tumis Cabai Brokoli adalah jawaban yang tepat, bergizi, dan nikmat dipadankan dengan nasi hangat. Masakan tumisan yang sedikit basah biasanya akan membantu juga proses pencernaan.

Maklum, bangun sangat pagi dan mencerna kering biasanya akan terasa seret di mulut.

3. Sosis Goreng Asam Manis
Sosis goreng sepertinya selalu jadi pilihan tepat untuk kapan saja. Saat membutuhkan camilan hingga makan besar dari pagi hingga malam.

Tentunya di bulan puasa juga tepat, baik untuk sahur maupun saat berbuka puasa. yang sudah kita gemari sejak kecil ini layak untuk dimasak sebagai pembangkit semangat saat makan sahur di bulan puasa kali ini.

4. Oseng Daging Kentang Masak Kecap
Kembali menu yang sangat familiar dan mudah untuk dimasak mewarnai daftar praktis tahun ini.

Selain cepat untuk dimasak, oseng-oseng berisi daging dan kentang serta diberi imbuhan kecap ini sangat akrab di lidah dan mudah untuk dipadukan dengan berbagi menu lainnya. Intinya, jangan lupa menyediakan nasi hangat sebagai pendamping setianya.

5. Tumis ceriwis
Tak lengkap jika tidak ada sajian tumis sayuran di meja hidang. Tumis cuciwis bisa jadi salah satu menu sahur yang seru.

Jika biasanya kita menumis taoge, kangkung, dan bayam, tak ada salahnya mencoba sayuran lain. Cuciwis mengandung asam folat yang tak kalah banyak dari brokoli dan bayam.

Teksturnya yang renyah cocok diolah dengan cara ditumis.

6. Sayur Bening
Mengonsumsi sayur bening di waktu sahur bisa menenangkan perut. Rasa hangat dan lembutnya sayur bayam bisa menambah vitamin dan mineral untuk menjalani ibadah puasa.

Cara membuatnya cukup mudah, rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, kencur, dan temu kunci. Terakhir masukkan sayur bayam, jagung dan tomat yang sudah dipotong-potong.

7. Tempe Orek
Menu sahur murah meriah yang bisa dimasak adalah tempe oreg. ini berbahan dasar tempe, kecap manis, gula pasir, cabai merah, cabai hijau, dan daun salam.

Kamu bisa memasak tempe terlebih dahulu hingga kering. Lalu, masak bumbu berupa cabai merah, cabai hijau, daun salam dan bawang merah. Campurkan bumbu tersebut dengan tempe serta tambahkan kecap manis dan gula sesuai selera.

8. Telur Orak-Arik
Menu sahur untuk minggu pertama yang bisa dicoba adalah telur orak-arik. Gunakan mentega atau margarin agar rasanya lebih gurih. Gunakan api kecil, kocok telur lalu tuang ke dalam wajan. Aduk-aduk perlahan hingga menggumpal. Jangan terlalu kering. Setelah beku, angkat segera, taburi merica bubuk dan garam lalu sajikan hangat.

Kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti tomat atau wortel sesuai selera. Atau taburi keju parut sesaat akan disajikan

9. Tumis Tahu
Tahu dengan tekstur yang lembut bisa menjadi sahur yang menggugah selera. Apalagi bila tahu dimasak dengan cara ditumis dengan campuran sayur bisa menambah energi.

Gunakan tahu putih atau tahu sutera yang bagus kualitasnya. Tahu bisa dipotong kecil dan goreng agak kering. Tambahkan saus tiram dan sedikit cabae jika suka rasa gurih pedas yang kuat.

10. Mi goreng sosis bakso
Mie goreng sosis ayam bisa Anda sajikan saat sahur tiba, sajian ini bisa dinikmati dengan atau tanpa nasi sesuai selera, rasa gurih dan aroma yang khas akan membangkitkan sahur yang malas jadi bersemangat lagi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here