Friday, 26 April 2024
HomeBeritaAnti Mumet, Yuk Coba 10 Tips Mudik Aman dan Bahagia

Anti Mumet, Yuk Coba 10 Tips Mudik Aman dan Bahagia

Bogordaily.net – Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo membeberkan 10 tips mudik yang aman dan sehat bagi seluruh masyarakat yang akan pulang ke kampung halamannya.

Pertama, sebelum melaksanakan mudik pastikan rumah yang ditinggal dalam kondisi terkunci. Kedua, jangan lupa untuk menginformasikan kepada tetangga atau kerabat dekat yang tidak melakukan mudik Lebaran.

“Tips ketiga, masyarakat juga bisa memberikan informasi ke Bhabinkamtibmas untuk didata. Keempat, jika masyarakat menggunakan kendaraan pribadi saat mudik, jangan lupa untuk mengeceknya demi keselamatan saat di jalan,” ujar Dedi, dikutip dari PMJ, Minggu 24 April 2022.

Kemudian, untuk tips kelima jika masyarakat mudik menggunakan kendaraan umum, pastikan membawa seluruh barang yang diperlukan. Keenam, diimbau untuk tidak membawa barang berharga yang berlebihan.

Ketujuh, pastikan sebelum mudik seluruh masyarakat memiliki kekebalan dan imunitas dari bahaya virus Covid-19. Maka dari itu, sebelum mudik diimbau agar masyarakat melengkapi vaksinasi sampai dengan dosis ketiga atau booster.

“Tips kedelapan, saat berkendara, patuhi seluruh rambu-rambu lalu lintas dan istirahatlah di rest area yang telah disiapkan. Bila mengalami gangguan di jalan, masyarakat diminta menghubungi pos pam atau pos pelayanan kepolisian yang tersebar di jalur mudik,” sambungnya.

“Tips terakhir, tetap disiplin protokol kesehatan dalam berkegiatan dan mari kita wujudkan mudik yang aman, sehat dan bahagia,” tukas Dedi.

Sebagai informasi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2022 untuk mengamankan jalannya mudik Lebaran nanti. Sebanyak 114 ribu personil gabungan dikerahkan untuk jalannya operasi tersebut.

“Jumlah personil yang terlibat dalam Operasi Ketupat sebanyak 144.392 personil,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam apel Operasi Ketupat 2022, Monas, Jakarta Pusat, Jumat 22 April 2022.

Ratusan ribu personil itu terdiri dari 87.880 anggota Polri dan 56.512 personil dari instansi terkait seperti TNI, BNPB, BMKG, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, hingga Dinas Kesehatan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here