Wednesday, 1 May 2024
HomeBerita3 Jenis Olahraga yang Dapat Menghilangkan Stres, Yuk Coba!

3 Jenis Olahraga yang Dapat Menghilangkan Stres, Yuk Coba!

Bogordaily.net – Salah satu cara yang mudah sekaligus ampuh untuk menghilangkan stres ialah dengan berolahraga. Namun, benarkah dapat membantu kita terhindar dari stres?

Salah seorang pelatih atlet berlisensi dari Coordinated Health, Frank Lupin mengatakan bahwa, saat kita melakukan aktivitas fisik, maka tubuh akan memproduksi suatu hormon, yakni hormon endorfin yang dapat bekerja melawan stres.

Jadi, secara tidak langsung, dapat membebaskan pikiran kita dari berbagai masalah yang memicu stres.

Selain itu, gerakan tubuh saat berolahraga membuat otot-otot kita aktif bekerja. Hal ini dapat membantu kita melancarkan peredaran darah.

Kita juga dapat menambahkan latihan pernapasan baik itu sebelum maupun sesudah latihan . Latihan pernapasan ini akan merangsang tubuh untuk lebih rileks dan membuat kegiatan kita lebih efektif dalam menghilangkan stres.

Lantas, apa saja yang dapat membantu kita menghilangkan stres? Dilansir dari Hello Sehat, berikut 3 jenis olahraga yang dapat menghilangkan stres:

1.

atau dance ternyata dapat membantu kita meningkatkan kelincahan otot-otot tubuh saat bergerak. Selain itu, setiap gerakan dalam tari juga dapat meningkatkan detak jantung, bahkan untuk menghilangkan stres.

Ketika kita berusaha menyamakan ritme musik dengan gerakan bersama pasangan dance kita, tentunya, kita akan merasa bahwa hal itu ialah hal yang menyenangkan. Semua kesenangan itulah yang akan mengalihkan pikiran kita dari berbagai masalah yang tengah kita hadapi.

Dengan begitu, otak kembali fresh. Iringan musik up beat ternyata juga dapat menurunkan stres dan depresi, lho. Terbukti dari kita yang lebih bersemangat saat melakukan latihan.

2. atau Jalan Cepat

Olahraga yang satu ini ternyata dapat membantu melepaskan ketegangan otot, menenangkan sistem saraf serta melatih pernapasan kita agar lebih baik.

Selain itu, atau jalan cepat juga dapat memanjakan mata saat melihat pemandangan rindang yang ada di sekitar kita, yang barang kali jarang kita amati selama fokus bekerja di dalam ruangan. bisa memanjakan mata.

Aktivitas ini ternyata dapat menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan dilakukan bersama teman, keluarga, ataupun pasangan dan dipercaya mampu menghilangkan beban pikiran yang memicu stres.

Kita dapat memulainya dengan melakukan aktivitas selama 10 menit setiap dua kali dalam seminggu. Dua atau tiga minggu berikutnya, kita dapat mulai meningkatkan frekuensi serta durasi olahraga ini secara bertahap.

3. Yoga

Berikutnya ada yoga. Berdasarkan survei yang ada di dalam jurnal Complementary Therapies In Medicine, praktisi yoga meyakini bahwa melakukan latihan yoga dapat meningkatkan kebahagiaan, energi, hubungan sosial bahkan kualitas tidur yang berkaitan dengan stres serta depresi.

Dengan demikian, semakin lama kita melakukan latihan yoga, maka akan ada lebih banyak manfaat yang dapat kita rasakan bagi kesehatan.

Kamu dapat melakukan yoga secara sendirian di rumah atau mengikuti kelas yoga bersama dengan pelatih yoga dan teman-teman lainnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here