Monday, 13 May 2024
HomeBeritaJangan Salah! Kenali 5 Ciri Daging yang Aman Dikonsumsi

Jangan Salah! Kenali 5 Ciri Daging yang Aman Dikonsumsi

Bogordaily.net merupakan salah satu sumber protein hewani. Memilih perlu hati-hati, karena juga bisa menjadi media penularan penyakit.

Perhatikan warna, tekstur, bau, hingga tampilan yang akan kamu beli. Hal ini penting agar kamu terhindar dari keracunan atau penularan penyakit melalui makanan.

Dilansir dari Alodokter, berikut 5 ciri yang aman untuk dikonsumsi:

1. Warna Tidak Pucat atau Kehitaman

Cara pertama dan paling mudah untuk menentukan yang layak dikonsumsi adalah dengan melihat warna . Baik itu sapi, kambing, ataupun kerbau yang masih segar dan layak dikonsumsi memiliki warna merah, tidak pucat, tidak kotor, dengan guratan lemak berwarna kuning.

Namun, untuk kerbau daging cenderung berwarna merah tua. Sementara untuk daging ayam, bebek, atau unggas lainnya, daging dan lemak berwarna putih kekuningan dan lemaknya juga merata di bawah kulit.

2. Teksturnya Kenyal

Cara selanjutnya untuk menentukan daging yang layak konsumsi adalah dengan cara melihat tekstur yang dimiliki. Daging segar baik daging sapi, kerbau, unggas, atau ikan memiliki tekstur yang terasa kenyal dan tidak berlendir.

Ketika akan membeli daging, cobalah untuk menekan daging tersebut secara perlahan. Jika daging tersebut mudah kembali ke posisi semula dan terlihat kenyal, berarti daging tersebut masih segar.

Namun, jika daging terasa lembek dan meninggalkan bekas ketika ditekan, hal ini berarti daging sudah mulai membusuk.

3. Tidak Berbau Busuk

Daging segar memiliki ciri khas aroma yang segar. Meskipun beberapa daging memiliki bau yang khas, namun daging tersebut tidak berbau menyengat.

Hindari membeli daging yang memiliki bau menyengat, tengik, amis, atau asam. Bisa dipastikan daging tersebut sudah mulai membusuk dan tidak layak untuk dikonsumsi.

4. Tidak Benyek atau Berair

akan terlihat kering dan tidak benyek. Jadi jika kamu menemukan daging yang telah berair itu berarti daging tersebut sudah berada cukup lama di udara bebas dan berisiko tinggi sudah terpapar bakteri berbahaya.

Namun, terkadang terlihat cairan berwarna merah mirip darah pada daging. Kamu tidak perlu khawatir karena cairan itu bukanlah darah, melainkan “sari” dari daging tersebut.

5. Memiliki Sertifikasi Halal

Jika kamu berniat untuk membeli daging kemasan, perhatikan logo halal dalam produk tersebut. Karena dengan adanya sertifikat tersebut, hal ini berarti daging disimpan dan diolah dengan benar sesuai standar keamanan pangan nasional. Namun, tidak semua daging kemasan memiliki logo halal, termasuk daging babi.

Daging memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, perlu ketelitian dalam memilih daging yang akan dikonsumsi.

Hal ini bertujuan agar mendapatkan manfaat dari daging tersebut dan terhindar dari risiko penularan penyakit.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here