Monday, 29 April 2024
HomeBerita5 Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Teh, Yuk Kurangin!

5 Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Teh, Yuk Kurangin!

Bogordaily.net merupakan jenis minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. cocok disajikan dalam beragam suasana sehingga banyak digandrungi oleh masyarakat. Minuman ini juga memang dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan, namun juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dilansir dari Hello Sehat, berikut 5 efek samping jika terlalu banyak mengonsumsi :

1. Susah Tidur

juga memiliki kandungan kafein yang sama pada kopi. Meskipun kandungan kafein pada lebih rendah daripada kopi, namun juga dapat membuat seseorang menjadi susah tidur.

Jika Kamu mengonsumsi secara berlebihan, maka kamu akan merasakan efek samping tersebut. Kamu merasakan kelelahan namun kamu tidak bisa memejamkan mata.

Bisa juga kamu akan merasakan tidur yang tidak nyenyak sehingga membuatmu sering terbangun di malam hari.

2. Gelisah

Terlalu banyak mengonsumsi juga akan membuatmu merasa gelisah. Hal ini karena pengaruh dari kafein yang terkandung dalam .

Selain merasakan gelisah, kamu mungkin juga akan merasakan hal lainnya. Seperti pusing, sakit kepala, dan dada berdebar-debar sehingga tubuh pun jadi sangat tidak nyaman.

3. Ketergantungan

Minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan ketergantungan. Kafein memiliki sifat candu sehingga membuat kamu susah untuk berhenti melakukan kebiasaan minum teh.

Bahkan orang yang telah mengalami ketergantungan akan sulit untuk berkonsentrasi, merasa lemas dan merasa sakit kepala ketika mencoba untuk menghentikan kebiasaan minum teh tersebut.

4. Anemia

Terlalu banyak mengonsumsi teh juga dapat menyebabkan anemia. Terlebih bagi orang yang memiliki masalah dalam penyerapan zat besi dan gangguan perdarahan.

Dalam teh terdapat kandungan tanin yang dapat mengganggu proses penyerapan zat besi oleh tubuh.

5. Osteoporosis

Kepadatan tulang dapat berkurang karena terlalu banyak mengonsumsi teh. Sehingga dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Tulang membutuhkan banyak kalsium agar tetap padat dan kuat. Namun, dengan minum teh lebih dari tiga cangkir sehari dapat meningkatkan kadar kalsium yang terbuang dari tubuh melalui air seni.

Itulah beragam efek samping jika terlalu banyak mengonsumsi teh. Konsumsi teh secukupnya agar kamu mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan dan terhindar dari efek sampingnya. Semoga bermanfaat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here