Saturday, 4 May 2024
HomeBerita6 Tips Pola Hidup Sehat saat Puasa yang Wajib Diterapkan

6 Tips Pola Hidup Sehat saat Puasa yang Wajib Diterapkan

Bogordaily.net menjadi momen bagi umat muslim untuk beribadah sebulan penuh. Dengan menahan nafsu termasuk rasa lapar dan haus, maka harus diterapkan .

Hal ini tentu membuat pola metabolisme tubuh juga berubah sehingga sering menjadi alasan untuk tidak bekerja secara maksimal karena lemas, lesu, dan sebagainya.

Kebiasaan buruk saat sering terjadi saat berbuka dan sahur, seperti makan berlebihan dan kurang asupan buah dan sayur.

Dikutip dari website Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat milik Kementerian Kesehatan RI, ada beberapa hal yang perlu disiasati agar dalam kondisi tetap sehat dan produktif. Berikut tips untuk menerapkan pola hidup sehat saat berpuasa :

1. Berbuka dengan Air Putih dan Mengonsumsi Makanan Manis

Dikutip dari klikdokter, berdasarkan European Journal of Clinical Nutrition, kadar gula darah, cairan, dan elektrolit dalam tubuh biasanya menurun saat karena tidak ada asupan makanan dan minuman.

Oleh karena itu, untuk menghindari dehidrasi saat berbuka harus segera minum. Makanan manis adalah sumber karbohidrat sederhana yang dapat mengembalikan kadar gula darah dengan cepat. Namun, setelah itu konsumsi makanan sehat tetap diperlukan untuk menjaga stamina tubuh.

2. Penuhi Jenis Makanan Pokok, Lauk-pauk, Sayur, dan Buah

Minimal harus ada satu jenis makanan dari masing-masing kelompok di atas. Hal ini untuk memenuhi pola makan seimbang agar asupan zat gizi yang terkonsumsi cukup dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Buah dapat dikonsumsi setelah salat tarawih.

3. Hindari Mengonsumsi Makanan Asin dan Kandungan Lemak Tinggi

Dikutip dari hellosehat, terlalu banyak makanan asin dapat menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, kerusakan ginjal, dan masalah kesehatan lainnya.

Konsumsi makanan lemak tinggi secara berlebihan berisiko menimbulkan penumpukan lemak dalam tubuh sehingga dapat memicu kegemukan dan penyakit jantung dan pembuluh darah. Makanan tinggi lemak juga dapat memperparah gejala maag.

4. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, air putih diperlukan untuk menghindari dehidrasi. Apalagi saat berpuasa tidak ada asupan cairan yang masuk, sehingga perlu disiasati dengan tetap minum air 8-10 gelas dari berbuka sampai sahur.

5. Lakukan Aktivitas Fisik 

Walaupun bulan , bukan berarti olahraga tidak diperlukan. Justru olahraga membawa pengaruh positif untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Menyesuaikan dengan kondisi , olahraga yang dilakukan saat sebaiknya berintensitas ringan sampai sedang seperti berjalan-jalan, jogging, dan bersepeda.

6. Tetap Kontrol Kondisi Tubuh bagi Penderita Penyakit

Bagi penderita penyakit seperti hipertensi, diabetes, asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), dan lainnya harus tetap mengontrol kondisi tubuh saat serta menyesuaikan jadwal untuk konsumsi obat. Hal ini perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here