Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaSelain Menambah Asupan Serat, Kenali 7 Manfaat Cincau untuk Tubuh

Selain Menambah Asupan Serat, Kenali 7 Manfaat Cincau untuk Tubuh

Bogordaily.net – merupakan campuran es buah yang memiliki tekstur seperti agar-agar bewarna hitam. Bahkan ada juga yang bewarna hijau. Kedua jenis ini memiliki tekstur yang kenyal, transparan, dan memiliki rasa yang tawar. Tak hanya menyegarkan, berikut adalalah 7 yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Baik untuk Pencernaan

Masalah pencernaan akibat makanan kurang serat adalah problem umum masyarakat modern. Kandungan serat yang tinggi membuatnya cocok untuk menjaga pencernaan.

2. Meredakan Sakit Tenggorokan

hitam memiliki kandungan antioksidan yang membantu mempercepat penyembuhan berbagai gejala sakit, salah satunya adalah sakit tenggorokan, terutama akibat radang.

3. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Daun janggelan yang menjadi bahan utama hitam mengandung flavonoid dan kalium. Keduanya cukup efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Serat dalam juga membantu mengeluarkan lemak dan garam dengan lebih efektif dari sistem pencernaan, mengurangi risiko hipertensi.

4. Menambah Asupan Serat

Jika Anda merasa kekurangan serat, tambahkan cincau hitam dalam menu harian. Akan tetapi, pastikan tidak mencampurnya dengan terlalu banyak gula. Cincau hitam cukup lezat jika dinikmati bersama teh dingin atau dimakan dengan madu dan perasan jeruk nipis, tanpa tambahan gula atau sirup.

5. Mengurangi Kolesterol

Serat cincau hitam bersifat larut dalam air dan mampu mengikat lemak. Hal ini membuatnya cocok untuk mengurangi kolesterol secara alami. Serat ini akan melarutkan lemak keluar tubuh sehingga tidak akan menyumbat pembuluh darah.

6. Makanan untuk Penderita Diabetes

Cincau hitam kaya akan bahan aktif seperti bisbenzilsokuinolin dan klorofil. Keduanya mampu menjaga kadar insulin tubuh sekaligus mengikat dan mengeluarkan gula dari tubuh. Menyertakan cincau hitam dalam makanan sehat sangat baik untuk membantu penderita diabetes.

7. Menyembuhkan Gejala Malaria

Daun janggelan mengandung alkaloid yang mampu mempercepat penyembuhan malaria. Senyawa ini terkandung di Cincau dan membantu tubuh melawan infeksi dan mengurangi kemunculan gejala-gejala malaria.

Nah berikut adalah 7 untuk tubuh, selain menyegarkan, cincau juga banyak dikonsumsi karena memiliki segudang manfaat.*

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here