Friday, 3 May 2024
HomeBeritaAkibat Invasi Rusia-Ukraina, Bank Dunia Pangkas Setengah Ekonomi Ukraina

Akibat Invasi Rusia-Ukraina, Bank Dunia Pangkas Setengah Ekonomi Ukraina

Bogordaily.net– Dampak dari , Bank Dunia menyebut tahun ini akan menyusut hampir setengahnya.

Dilansir Reuters, Selasa, 12 April 2022, Bank Dunia juga memperkirakan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Rusia 2022 turun 11,2 persen lantaran sanksi keuangan yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat dan sekutu Baratnya terhadap perbankan Rusia, perusahaan milik negara, dan lembaga lainnya.

Dalam laporan “Perang di Wilayah”, Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan perekonomi di kawasan Eropa Timur, yang terdiri dari Ukraina, Belarusia dan Moldova, turun 30,7 persen tahun ini, karena guncangan perang dan gangguan perdagangan.

Diketahui bahwa konflik di Ukraina telah menutup setengah dari bisnis negara itu dan memangkas ekspor.

Sejauh ini, Bank Dunia telah mengirimkan bantuan dana hampir USD 1 miliar ke Ukraina dan telah menjanjikan bantuan tambahan USD 2 miliar dalam beberapa bulan mendatang.

“Besarnya krisis kemanusiaan yang ditimbulkan oleh perang sangat mengejutkan. Rusia memberikan pukulan besar bagi dan telah menimbulkan kerusakan besar pada infrastruktur,” ujar Bjerde.

Selain itu, Bank Dunia juga membeberkan perkiraan kontraksi 45,1 persen belum termasuk dampak kehancuran infrastruktur fisik, dan berisiko menghambat output ekonomi di masa mendatang.

Tak hanya Ukraina, Bank Dunia juga memproyeksikan ekonomi Belarusia, Republik Kirgistan, Moldova dan Tajikistan bakal jatuh ke dalam resesi tahun ini.

“Perang Ukraina dan pandemi sekali lagi menunjukkan bahwa krisis dapat menyebabkan kerusakan ekonomi yang meluas dan menghambat pendapatan per kapita dan keuntungan pembangunan selama bertahun-tahun,” kata Asli Demirgüç-Kunt, kepala ekonom Bank Dunia untuk Eropa dan Asia Tengah

(Muhammad Rizki Maulana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here