Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalAntisipasi Korban Kecelakan, Basarnas Siapkan 4 Helikopter Selama Mudik Lebaran

Antisipasi Korban Kecelakan, Basarnas Siapkan 4 Helikopter Selama Mudik Lebaran

Bogordaily.net – Antisipasi dan saat lebaran mendatang, siapkan 4 helikopter guna mengevakuasi korban lebaran tahun ini. Menurut prediksi, akan ada 7,4 juta kendaraan bergerak dari Jakarta.

Nantinya, keempat helikopter ini akan disiagakan untuk kondisi darurat. Titik helikopter mulai dari Merak hingga Jawa Timur.

Kepala Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi menyatakan keempat helikopter bisa digunakan untuk menjemput korban lalu lintas. “Helikopter akan standby jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” kata Kepala di sela simulasi kedaruratan mudik lebaran 2022 di pintu Tol Cilegon Timur, dikutip dari bantennews, Kamis, 21 April 2022.

Dalam simulasi tersebut, satu unit helikopter mendarat di tengah tol menjemput korban lalu lintas. Dengan kondisi medan yang tidak begitu luas memaksa kepiawaian pilot mengemudikan heli di tengah tol.

“Seperti tadi, helikopter bisa mendarat dengan kondisi yang banyak sekali tiang-tiang di sekitar tol. Ini membutuhkan sebuah keahlian khusus dan kecepatan dalam layanan kedaruratan,” kata Henri.

Selain melakukan simulasi penyelamatan di jalur darat, juga melakukan simulasi penyelamatan di air yakni di Pelabuhan Merak, Banten. “Sedangkan di perairan kita juga menyiapkan seluruh armada kapal kita,” kata Hendri.

Menurut prediksi, akan ada 7,4 juta kendaraan bergerak dari Jakarta yang salah satunya melalui pelabuhan Merak pada mudik lebaran nanti.

“Apabila terjadi kemacetan parah serta kecelakaan maka helikopter kita harus mampu mengevakuasi dalam kondisi kedaruratan. Jangan sampai terulang peristiwa Brexit 4 tahun yang lalu,” kata dia.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here