Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorAntisipasi Kotoran Sampah, 3 Unit Mobil Damkar Disiagakan di Malam Takbiran

Antisipasi Kotoran Sampah, 3 Unit Mobil Damkar Disiagakan di Malam Takbiran

Bogordaily.net – Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah tinggal hitungan hari. Guna mengantisipasi penumpukan kotoran sampah, Dinas Pemadam Kebakaran () membantu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dengan siagakan 3 unit mobil .

Tak sedikit warga berbelanja berbagai kebutuhan di pasar modern maupun pasar tradisional demi menyambut hari kemenangan. Namun perlu diketahui, dampak dari banyaknya volume masyarakat berbelanja di pasar tradisional berimbas kepada banyaknya sampah berserakan.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada Dinas , Mochammad Ade Nugraha mengatakan, menjelang lebaran memang banyak warga berbelanja ke pasar modern atau tradisional.

Namun yang menjadi perhatian pemerintah ialah pasar tradisional yaitu Pasar Bogor dan .

“Dua pasar itu yang menjadi perhatian kami. Kenapa, karena dua pasar ini yang menjadi pusat keramaian dari tahun ke tahun, khususnya di malam takbiran, dan kami siap membantu DLH dalam membersihkan sampah,” kata Mochammad Ade Nugraha kepada Bogordaily.net, Selasa, 26 April 2022.

Ia menjelaskan, keterlibatan Dinas ialah untuk menyemprotkan sisa atau bekas kotoran sampah. Maka dari itu, pihaknya menyiapkan 3 unit mobil dengan 18 personil. “Jadi kita tidak ada istilah libur lebaran, kita tetap piket dan kita siaga 24 jam,” jelasnya.

Mantan Kabid Persampahan pada Dinas LH ini menambahkan, personil akan siaga sejak pukul 21.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

“Biasanya petugas dari dari DLH itu mulai membersihkan atau mengangkut sampah pukul 21.00 WIB sampai pukul 02.00 dini hari, dan dilanjut oleh petugas kami untuk menyemprotkan sisa-sisa kotoran hingga kembali bersih,” pungkasnya.

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here