Friday, 17 May 2024
HomeKulinerAsal Usul Ayam Pop Makanan Sedap Khas Padang

Asal Usul Ayam Pop Makanan Sedap Khas Padang

Bogordaily.net – Masakan memang dikenal dengan menu makanannya yang khas karena memiliki bumbu yang menendang lidah. merupakan masakan khas yang dikenal dengan warnya yang putih pucat, namun rasanya bikin nagih.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana asal-usul ini berawal. Namun beberapa sumber mengatakan bahwa hidangan ini berasal dari salah satu restoran di Bukittinggi yaitu Restoran Family Benteng Indah yang telah berdiri sejak tahun 1963.

Pada awalnya restoran tersebut hanya menjual ayam goreng kering biasa. Suatu hari ketika pesanan mulai banyak, sang pemilik restoran merebus ayam dalam jumlah banyak dalam santan serta cincangan bawang putih lalu digoreng sebentar agar pelanggan tidak menunggu lama.

Hidangan ini bisa dikatakan seperti hidangan ayam pada umumnya, namun cara pengolahannya yang khas membuat masakan ini memiliki cita rasa tersendiri.

Dilansir dari dari berbagai sumber, diolah dengan santan dan cincangan bawang putih yang direbus sampai bumbu meresap dan daging ayam bertekstur empuk.

Setelah itu barulah dimasak dengan minyak panas dalam beberapa saat agar mendapatkan tekstur yang renyah dan tidak membuat warna ayam menjadi gelap.

Hidangan ini pun menjadi favorit warga keturunan Tionghoa di Bukittinggi kala itu karena yang berwarna putih pucat terlihat mirip dengan ayam Hainan yang merupakan hidangan ayam rebus khas Tionghoa.

Dinamai karena pada masa itu, restoran kerap mengadakan pertunjukan musik dan genre musik yang populer saat itu adalah musik pop, jadilah nama ayam pop dipakai hingga sekarang.]

Ada juga sumber yang mengatakan bahwa ayam pop  khas ini mulai populer pada tahun 1976. Salah satu restoran populer Sumatra Barat yaitu Simpang Raya lah yang pertama kali mempopulerkan nama ini dengan menyebut hidangan ayam goreng mereka dengan nama ayam pop. Bahkan beberapa cabang Simpang Raya (mayoritas di luar Sumatra Barat) menambahkan slogan “Istana Ayam Pop” dan dipatenkan menjadi salah satu hidangan utama di restoran tersebut.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here