Saturday, 18 May 2024
HomeKulinerAsal Usul Nasi Kucing, Porsi Secuil Untuk Rakyat Kecil

Asal Usul Nasi Kucing, Porsi Secuil Untuk Rakyat Kecil

Bogordaily.net atau sering disebut orang Jawa sebagai sego kucing, adalah makanan yang memang unik. dengan porsi yang secuil ini, memiliki kisah yang menarik.

Dilansir dari Wikipedia, memiliki arti ‘nasi untuk kucing', karena porsinya yang sedikit seperti makanan yang diberikan pada kucing. Namun sepertinya bukan hanya ini saja alasan banyak orang membuat .

Karena membeli makanan sangat sulit akhirnya orang pun mencari cara agar rakyat kecil tetap bisa makan. Sebab itulah juga identik dengan makanan rakyat kecil.

Sampai sekarang tetap ada dan dimakan manusia. Selain untuk dijual, juga sering dibagikan setelah shalat Jumat kepada jamaah.

Cara penyajiannya ialah dengan membungkus nasi satu kepal ke dalam daun pisang. Lauknya sepotong kecil bandeng, atau tumis tempe dan sayuran. Tidak lupa menambahkan sedikit sambal.

Itulah mengapa, juga identik atau erat kaitannya dengan makanan orang miskin.

Pada zaman dulu, nasi kucing juga dijual dengan cara berkeliling, namun sekarang sudah banyak yang menjualnya di angkringan atau hik, semacam warung pinggir jalan yang menetap di satu tempat.

Meski begitu, kini nasi kucing memiliki daya tariknya sendiri. Nasi kucing menjadi makanan khas daerah yang banyak dicari dna membuat penasaran wisatan lokal maupun mancanegara, sehingga derajatnya naik, bukan jadi makanan orang miskin lagi. Para penjual nasi kucing juga membuat banyak variasi lauk sehingga orang bisa memilih sesuai selera.

Satu porsi nasi kucing terdiri dari satu kepal nasi putih, dengan lauk ikan teri, tempe yang dibumbu dan sedikit sambal. Nasi kucing umumnya dibungkus dengan daun pisang, namun ada juga yang membungkusnya dengan kertas coklat pembungkus nasi. Jika sudah makan satu, ingin makan lagi dan lagi.

Jadi, seperti itu sejarah nasi kucing yang menjadi makanan khas Yogjakarta dan sekitarnya. Jika sedang jalan-jalan ke daerah Jawa Tengah dan Jogja, jangan lupa mencicipinya ya.

Karena porsinya sedikit, biasanya tidak cukup satu. Akan semakin lengkap dan nikmat rasanya kalau ditambah sate telur puyuh dan dilengkapi dengan hidangan teh manis hangat.

Demikianlah tadi nasi kucing yang dapat Anda ketahui.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here