Thursday, 25 April 2024
HomeEkonomiAsyik! BUMN Buka Lowongan Kerja Besar-Besaran, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Asyik! BUMN Buka Lowongan Kerja Besar-Besaran, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Bogordaily.net–  Badan Usaha Milik Negara () buka besar-besaran tahun ini. Terdapat 2.700 posisi di 40 perusahaan . Pendaftaran (loker) akan dibuka pada tanggal 14-25 April 2022.

Menteri Erick Thohir berharap dengan buka akan ada regenerasi sehingga memunculkan generasi penerus dari Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Menurutnya, sangat penting memiliki generasi muda yang tidak hanya melek teknologi, tetapi juga generasi muda yang merupakan calon pemimpin ke depan yang memiliki kapabilitas dan juga karakter atau akhlak.

“Di situlah kenapa kami sekarang membuka lagi rekrutmen sebanyak 2.700 lowongan dari 50 BUMN, di mana tentu kita harapkan ini adalah generasi penerus,” ujar Erick Thohir dalam peluncuran Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang diluncurkan di Jakarta, Selasa, 12 April 2022 sebagaimana dilansir dari Suara.com.

Lebih lanjut kata Erick, Covid-19 menghantam sendi-sendi dari lapangan pekerjaan. Hampir 2 juta penduduk Indonesia kehilangan lapangan pekerjaan akibat pandemi tersebut.

“Tentu BUMN, kami tertantang bagaimana terus meningkatkan pembukaan lapangan kerja secara konsisten. Sejalan dengan transformasi yang ada di BUMN, kita menyadari bahwa penting sekali transformasi itu sejalan dengan transformasi daripada human capital-nya. Apalagi BUMN merupakan sepertiga dari kekuatan ekonomi Indonesia,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia atau FHCI Alexandra Askandar menyampaikan bahwa program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 akan menghadirkan kesempatan karir lebih dari 2.700 posisi yang terbuka di lebih dari 50 BUMN.

“Program ini tentunya berperan penting dalam mendukung keberagaman dan transformasi di BUMN untuk menjadikan BUMN sebagai pemain global dan pabrik talenta unggul bagi Indonesia yang siap menghadapi tantangan ke depan,” ujar Alexandra.

Ia menambahkan , Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 ini akan ada beberapa tahapan seleksi.

Tahap pertama Pendaftaran dan Seleksi Administrasi. Para pelamar sudah bisa melakukan registrasi yang dimulai pada 14 April 2022.

Proses perekrutan BUMN 2022 ini dilaksanakan secara online, dapat dilihat pada website rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Berikut ini tahapan pendaftaran BUMN 2022:

– Registrasi online dan seleksi administrasi, tes kemampuan dasar dan nilai inti BUMN, tes kemampuan bidang, wawancara dan MCU, bela negara dan terakhir inagurasi.

– Setiap pelamar hanya boleh daftar tiga posisi BUMN yang berbeda.

– Tahapan rekrutmen ini tidak dipungut biaya apapun atau gratis.

– Jika pihak yang meminta biaya/menjanjikan sesuatu/menawarkan bantuan langsung laporkan pada Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Syarat pendaftaran

– Siapkan foto

– KTP

– Ijazah/SKL

– Transkrip nilai

– SKCK

– Dokumen lain (sertifikat pelatihan, dll)

– Surat rekomendasi.

Syarat pendaftar:

Warga Negara Indonesia (WNI)

– Umur maksimal per 25 April 2022 untuk Diploma I/II/III: 27 tahun, S1/Diploma IV: 30 tahun, S2: 35 tahun.

– IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia, sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here