Saturday, 11 May 2024
HomeBeritaBantu Ukraina, Australia Kirimkan Tank Lapis Baja Bushmaster

Bantu Ukraina, Australia Kirimkan Tank Lapis Baja Bushmaster

Bogordaily.net – Komitmen untuk membantu militer kembali dibuktikan dengan pengiriman sejumlah kendaraan lapis baja .

Pengiriman pertama dari 20 kendaraan militer, yang masing-masing seharga 2,45 juta dolar (setara 26,3 miliar rupiah) itu akan meninggalkan pangkalan RAAF Amberley di Queensland dengan pesawat C-17 Globemaster menuju Eropa pada Jumat, 8 April 2022.

Menteri Pertahanan Peter Dutton dalam pernyataannya mengatakan bahwa, pengiriman bantuan tersebut ditujukan untuk membawa kemenangan besar bagi .

“Ini akan menjadi kemenangan besar bagi pasukan dalam upaya mereka untuk meremehkan upaya barbar pasukan Rusia,” kata Dutton, dikutip dari RMOL, Jumat 8 April 2022.

Kendaraan lapis baja telah dicat hijau zaitun dan dilengkapi dengan pelindung tambahan untuk melindungi tentara dari pecahan peluru, ranjau dan alat peledak improvisasi pada tugas tempur.

Pegiriman kendaraan lapis baja ke Ukraina merupakan permintaan khusus Presiden Volodymyr Zelensky dalam pidatonya di Parlemen pekan lalu.

Angkatan Pertahanan telah mengecat bendera Ukraina di sisi setiap kendaraan dengan tulisan ‘Bersatu Dengan Ukraina'.

adalah salah satu negara pertama yang memasok Ukraina dengan kendaraan militer lapis baja untuk membantunya memerangi Rusia.

Dutton mengatakan, pengiriman Bushmasters hari ini adalah pengiriman keenam bantuan militer ke Ukraina.

Sementara itu, negara-negara NATO telah sepakat untuk meningkatkan pasokan senjata ke Kiev, termasuk senjata berteknologi tinggi, di tengah kekhawatiran bahwa Rusia akan meluncurkan serangan besar-besaran di wilayah Donbas timur Ukraina.

NATO, sebagai sebuah organisasi, menolak untuk mengirim pasukan atau senjata ke Ukraina atau memberlakukan zona larangan terbang di atasnya untuk mencegah kelompok militer trans-Atlantik terseret ke dalam perang yang lebih luas dengan Rusia yang bersenjata nuklir.

Masing-masing negara NATO, bagaimanapun, telah menyediakan senjata anti-pesawat dan anti-tank ke Ukraina, serta peralatan dan pasokan medis.

“Ada pesan yang jelas dari pertemuan hari ini bahwa sekutu harus berbuat lebih banyak, dan siap untuk berbuat lebih banyak, untuk menyediakan lebih banyak peralatan, dan mereka menyadari dan menyadari urgensinya,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg setelah memimpin pertemuan para menteri luar negeri sekutu di Brussel.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here