Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaBerhubungan Seks Terasa Menyakitkan, Ini 5 Kondisi yang Bisa Jadi Penyebabnya!

Berhubungan Seks Terasa Menyakitkan, Ini 5 Kondisi yang Bisa Jadi Penyebabnya!

Bogordaily.net– Seharusnya menjadi pengalaman menyenangkan bagi setiap pasangan. Namun sayangnya, sebagian wanita justru merasa berhubungan seks itu terasa menyakitkan. Hal ini bisa membuat mereka frustasi untuk berhubungan seks dengan pasangannya.  Hingga akhirnya mempengaruhi kehidupan seksual pasangan. Dr Siyamak Saleh melalui unggahan TikTok dilansir Suara.com dari The Sun mengungkapkan lima kondisi yang menjadi penyebab berhubungan seks terasa menyakitkan.

Vaginismus

Salah satu penyebab utama nyeri saat berhubungan seks bagi wanita menurut dr Saleh adalah kejang pada vagina, yang juga dikenal sebagai vaginismus. Vaginismus adalah pengencangan otot yang tidak disengaja di sekitar vagina setiap kali penetrasi, baik dengan pria atau menggunakan mainan seks.

Penggunaan tampon atau pemeriksaan kandungan yang menggunakan alat untuk dimasukkan ke dalam vagina pun mereka bisa kesakitan. Vaginismus benar-benar dapat mengganggu kehidupan seks wanita dan menyebabkan dia kehilangan semua kepercayaan dirinya melakukan .

Infeksi menular seksual

Penyebab selanjutnya adalah infeksi, seperti infeksi menular seksual (IMS) dan sariawan. Penyakit menular seksual serius dengan beberapa IMS yang menyebabkan kemandulan, kebutaan atau kelumpuhan jika tidak diobati. Klamidia adalah IMS yang ditularkan selama berhubungan seks tanpa kondom. IMS lainnya termasuk human papilloma virus (HPV), gonore, herpes genital dan sifilis. IMS lain yang kurang umum, termasuk HIV, trikomoniasis, kutu kemaluan (kepiting) atau kudis (tungau).

Sariawan merupakan infeksi jamur umum yang mempengaruhi sebagian besar wanita di beberapa titik dalam hidup mereka. Kondisi ini biasanya menjadi tidak nyaman dan gatal, tetapi relatif mudah diobati. Tapi, beberapa wanita yang berjuang dengan sariawan merasa sulit menanganinya.

Kekeringan vagina

Penyebab terasa menyakitkan yang ketiga adalah kekeringan pada vagina. Kondisi ini sering dialami wanita yang mencapai masa menopause. Kekeringan vagina bisa membuat terasa sulit dinikmati, karena tidak memiliki pelumas. Lebih dari separuh wanita tidak memberi tahu dokter mereka tentang hal itu.

Penyakit tertentu

Penyakit tertentu bisa menyebabkan terasa menyakitkan, seperti fibroid dan endometriosis. Ketika Anda memiliki endometriosis penetrasi dapat menarik atau meregangkan jaringan irigasi yang menyebabkan rasa sakit.

Endometriosis merupakan kondisi kronis yang terjadi ketika jaringan yang mirip dengan lapisan rahim ditemukan di luar rahim, termasuk ovarium, saluran tuba, perut dan kandung kemih. Fibroid adalah pertumbuhan non-kanker yang dapat berkembang di dalam atau di sekitar rahim. Mereka terbuat dari otot dan jaringan berserat dan dapat bervariasi dalam ukuran.

Faktor emosional

Faktor emosional juga bisa menyebabkan menyebabkan rasa sakit. Jika Anda berjuang dengan mental Anda dan menderita masalah seperti depresi dan kecemasan, maka ini bisa membuat seks menjadi menyakitkan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here