Wednesday, 8 May 2024
HomeNasionalIni Alasan Bus Pariwisata Tidak Boleh Dipakai Mudik!

Ini Alasan Bus Pariwisata Tidak Boleh Dipakai Mudik!

Bogordaily.net – Kementerian Perhubungan () terus melakukan pengetatan regulasi angkutan lebaran 2022. Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menyebut pihaknya mulai menemukan maraknya tawaran dari para penyelenggara dengan menggunakan .

“Mudah-mudahan dari operator atau ORGANDA akan ada komitmen untuk memberantasnya, karena merugikan bus-bus yang sudah legal. untuk disewa juga tidak boleh, ini saya tegaskan,” jelas Budi dalam keterangannya, dikutip dari PMJ, Senin 11 April 2022.

Ketegasan ini, lanjut Budi, dilakukan demi melindungi para PO Bus sebagai penyelenggara utama lebaran. Selain itu, juga menghindarkan masyarakat dari bus- yang tak layak jalan.

Budi menyampaikan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga sebelumnya telah mengingatkan operator harus siap dan bersedia menginvestasikan untuk maintenance operasional.

“Bisa saja terjadi kalau tiba-tiba langsung digunakan (setelah lama vakum) nanti ada komponen yang tidak dapat bekerja dengan baik entah itu rem atau mesin,” ungkapnya.

“Pengemudi juga harus dipastikan yang terampil, perlu peran serta dari operator untuk memastikan hal ini. Kesiapan bisnis harus diiringi faktor keselamatan, aman, dan nyaman,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here