Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalCara Menghindari Kemacetan Saat Arus Mudik Lebaran Ala Menhub

Cara Menghindari Kemacetan Saat Arus Mudik Lebaran Ala Menhub

Bogordaily.net – Pemerintah memprediksikan pada tahun ini, akan meningkat, dan kemacetan saat pun tak mungkin terhindari. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menyarankan masyarakat agar mudik lebih awal.

Menhub memberikan saran kepada masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal guna menghindari risiko kemacetan lalu lintas.

“Memang kita menyarankan bahwa saudara-saudara kita kalau bisa mudiknya lebih awal. Mulai tanggal 25 atau 26 April,” kata Budi Karya, Minggu, 17 April 2022.

Menhub menyampaikan pemerintah telah menetapkan bahwa aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan swasta boleh mengambil cuti tahunan sebelum atau sesudah periode libur dan cuti bersama 2022.

Adapun berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, telah ditetapkan tanggal cuti bersama yaitu tanggal 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022.

“Kita tahu saudara-saudara kita sudah dua tahun tidak mudik, dan mereka sangat merindukan itu. Maka dari itu kita berikan pelayanan,” ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan Kemenhub bersama pemangku kepentingan diantaranya Korlantas Polri dan Jasa Marga terus meningkatkan koordinasi dan melakukan simulasi penanganan lalu lintas, khususnya di jalan tol. Rekayasa lalu lintas yang disiapkan yaitu contra flow, one way, hingga ganjil genap.

“Kita mencarikan jalan yang paling baik agar mudiknya aman, nyaman, dan sehat itu berjalan dengan baik,” katanya.

Diketahui bahwa pemerintah teleh mengujinkan masyarakat Indonesia untuk bisa mudik ke kampung halamannya saat tiba.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here