Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaDear Bunda... Ini Dampak Puasa Bagi Ibu Menyusui dan Bayi

Dear Bunda… Ini Dampak Puasa Bagi Ibu Menyusui dan Bayi

Bogordaily.net– Secara medis, diperbolehkan berpuasa asalkan status kesehatannya baik. selama pun memiliki dampak terhadap tubuh bagi dan juga si bayi.

Dokter spesialis anak dr. Melisa Lilisari, Sp.A., mengatakan bahwa berpuasa bisa berdampak terhadap kuantitas juga kualitas ASI.

“Dari segi kuantitas, suplai ASI tidak berkurang selama pengosongan payudara tetap terjadi. Bahkan dalam kondisi dehidrasi sedang pun tidak mempengaruhi suplai ASI,” kata dokter Melisa dalam webinar bersama Bamed dilansir dari Suara.com.

Melisa menambahkan, ibu sebaiknya tetap menyusui anaknya sesuai jadwal, seperti saat tidak berpuasa. Asalkan yang harus diperhatikan, yakni kecukupan air minum ibu.

Bila ASI yang keluar sekitar 600-800 cc per hari, maka ibu harus minum hingga 3 liter sehari selama buka sampai waktu sahur, saran dokter Melisa.

Dampak dari sisi kualitas ASI, lanjutnya, beberapa kandungan mikronutrien, seperti seng, magnesium, dan kalium, bisa berkurang.

“Nutrisi itu bisa tergantikan saat ibu sudah makan kembali, sehingga tidak mengganggu kualitas. Sedangkan nutrisi makronutrien, seperti laktosa, protein, lemak tidak terpengaruh,” jelasnya.

Secara alami, tubuh sebenarnya mampu menyesuaikan dengan situasi . Menurut dokter Melisa produksi ASI juga energi ibu yang menyusui bisa didapat dari makanan terakhir yang dikonsumsi saat sahur.

Jika sudah habis, maka tubuh akan menggunakan energi dari cadangan lemak di tubuh. Sehingga untuk memproduksi ASI tetap akan berlangsung selama 12 sampai 14 jam berpuasa.

“Namun ibu harus tetap perhatikan rambu-rambu yang harus diwaspadai. Pertama, jika berat badan ibu turun lebih dari 1 kilo per minggu, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter apakah ada masalah,” pesannya.

Kemudian bila ada tanda dehidrasi, ibu biasanya jarang buang air kecil dan urin berwarna pekat serta berbau. Selain itu, sakit kepala, pandangan berkunang, lemas hingga mual dan muntah. Semua itu menjadi gejala dehidrasi berat dan ibu harus segera konsumsi cairan.

Sementara dampak berpuasa bagi bayi, salah satu yang paling sering dikhawatirkan adalah terkait tumbuh kembang anak.

“Dari banyak penelitian sudah dinilai, ternyata hasilnya bayi tetap bisa bertumbuh sebagaimana biasanya. Dengan parameter yang dinilai adalah berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here