Saturday, 27 July 2024
HomeBeritaDavis Monthan Pemakaman Bangkai Pesawat Terbesar di Dunia

Davis Monthan Pemakaman Bangkai Pesawat Terbesar di Dunia

Bogordaily.net tempur Amerika Serikat (AS) yang dulu dikenal gagah beroperasi, kini telah habis ditelan usia. Yang tersisa tinggal rongsokan-rongsokan yang dimakamkan di suatu tempat bernama , Tucson, Arizona.

Davis–Monthan Air Force Base (DM AFB) atau Pangkalan Angkatan Udara Davis-Monthan adalah sebuah pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat yang terletak kurang lebih 8 km arah Selatan-Tenggar dari kota Tucson, Arizona.

Pangkalan ini berdiri pada tahun 1925 sebagai Davis-Monthan Landing Field. Pengelola dari pangkalan angkatan udara ini adalah 355th Wing (355 WG) assigned to Twelfth Air Force (12AF), yang merupakan bagian dari Air Combat Command (ACC).

Pangkalan ini dikenal sebagai lokasi dari Air Force Materiel Command's 309th Aerospace Maintenance and Regeneration Group (309 AMARG), kuburan bekas pakai militer dan ruang angkasa.

Militer Amerika Serikat menamai tempat ini dengan Davis-Monthan Air Force Base untuk mengenang dua pilot Perang Dunia (PD) I yang berasal dari Tucson, Letnan Samuel H. Davis dan Oscar Monthan.

Keduanya meregang nyawa dalam kecelakaan . Davis wafat dalam kecelakaan di Florida, sedangkan Monthan meninggal di Hawaii pada 1924.

merupakan kuburan terbang terbesar di dunia. Ribuan bangkai pesawat dari tempo dahulu hingga modern bisa ditemukan di sini.

Luas wilayahnya yang setara dengan 1.430 buah lapangan sepak bola, plus kondisi cuaca yang memiliki kelembaban rendah berkisar 10%-20% membuat sangat cocok untuk menjadi tempat penyimpanan bangkai pesawat.

Terbukti sejak resmi berdiri 60 tahun silam, pesawat yang sudah memasuki masa pensiun, tak henti-hentinya berdatangan untuk diistirahatkan di sini.

Uniknya, sebelum dimakamkan di , pesawat-pesawat tua tersebut akan dimandikan terlebih dahulu layaknya seorang jenazah sebelum dikebumikan.

Terpilihnya sebagai tempat kuburan massal pesawat lantaran cuacanya yang panas dan kering.

Oleh karena itu, pesawat yang “dikubur” di sini ditutup dengan lapisan plastik seperti selotip dan di cat dengan warna dominan putih dan hitam untuk menangkis sengatan cahaya matahari Arizona yang terkenal ganas. Sekaligus menghindarkan pesawat-pesawat dari korosi dan pelapukan.

Adapun beberapa pesawat yang ‘bersemayam' di tempat ini di antaranya adalah B-29 Superfortresses, C-47 Skytrains, Convair B-36 Peacemaker, hingga B-52 Stratofortress.

Diantara dari sekian banyak pesawat yang ada di sini, ada beberapa pesawat yang dibalut kain penutup untuk menghindari kerusakan yang ditimbulkan oleh cuaca di sekitaran lokasi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here