Wednesday, 26 June 2024
HomePolitikDilantik Jokowi Hari Ini, Komisioner KPU dan Bawaslu 2022-2027 Diminta Lakukan Ini

Dilantik Jokowi Hari Ini, Komisioner KPU dan Bawaslu 2022-2027 Diminta Lakukan Ini

Bogordaily.net– Komisioner Komisi Pemilihan Umum () dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027 akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini, Selasa, 12 April 2022 di Istana Negara.

Hal tersebut sudah disampaikan sebelumnya oleh Jokowi.

“12 April nanti dan Bawaslu periode 2022-2027 kita lantik dan segera mempersiapkan Pemilu dan Pilkada serentak di 2024,” kata Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Presiden, Minggu, 10 April 2022 lalu.

Sebelum proses pelantikan, nama-nama yang terpilih itu ditetapkan oleh Komisi II DPR RI. Nama yang terpilih sudah disampaikan ke dalam Rapat Paripurna sampai akhirnya sama ke meja Jokowi.

Adapun tujuh komisioner terpilih ialah Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. Sedangkan lima anggota Bawaslu yang terpilih yakni Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Setelah proses pelantikan, serah terima jabatan dari anggota periode sebelumnya dilakukan di masing-masing lembaga. Untuk RI sendiri, proses serah terima jabatan akan digelar di kantor RI di hari yang sama mulai pukul 14.30 WIB.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan saat ini pemerintah fokus menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan saat isu perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode tengah hangat di masyarakat.

Mahfud menyebut Presiden Jokowi bakal melantik anggota dan Bawaslu yang sudah dipilih secara sah melalui proses seleksi oleh panitia independen dan DPR RI.

“Ini sebagai bukti, bahwa pemerintah fokus menyiapkan pelaksanaan Pemilu tahun 2024,” kata Mahfud MD, usai memimpin Rapat Koordinasi Terbatas mengenai Perkembangan Situasi Politik dan Keamanan di Dalam Negeri yang dilaksanakan di Kantor Kemenko Polhukam, Sabtu, 9 April 2022 lalu.

Mahfud menjelaskan pemerintah menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024 tersebut bersama dengan dan DPR RI dengan tetap menghormati independensi serta Bawaslu.

“Kami tidak akan mengintervensi tapi akan menyiapkan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan konsitusi dan undang-undang,” ujarnya.

Ia lalu berpesan kepada dan Bawaslu untuk bisa menyiapkan pesta demokrasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kepada dan Bawaslu, diharapkan terus bekerja menyiapkan Pemilu sesuai dengan ketentuan konstitusi dan Undang-Undang Pemilu,” ujar Mahfud.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here