Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaDinilai Jelek, Korea Utara Hancurkan Hotel Terapung Milik Korea Selatan

Dinilai Jelek, Korea Utara Hancurkan Hotel Terapung Milik Korea Selatan

Bogordaily.net (Korut) terapung milik Korea Selatan yang berada di wilayah Korut. terapung bernama Haegumgang itu merupakan salah satu simbol terakhir hubungan dua negara berseteru.

Menurut beberapa pejabat Seoul, proses penghancuran ini telah dimulai. Padahal pihak Korsel meminta Korut menghentikan penghancuran simbol ‘unilateral' tersebut.

Kementerian Unifikasi Korsel juga mengatakan Korut telah memproses penghancuran Haegumgang sejak Jumat, 8 April 2022.

Juru bicara kementerian, Cha Deok-cheol, mengaku masih belum jelas apakah Korut bakal menghancurkan fasilitas Korsel lain di situs itu. Ia juga menegaskan Seoul sangat menyayangkan tindakan Pyongyang.

Berdasarkan citra satelit, menunjukkan penghancuran itu telah dilakukan selama beberapa pekan.

Sebagaimana dilansir Associated Press, terapung ini merupakan salah satu properti Korsel yang dibuat pada 1998. Kala itu, Korsel memiliki program tur Gunung Berlian untuk seluruh warganya yang ingin berkunjung ke Korut.

Korsel membangun belasan fasilitas wisata di resor Gunung Berlian untuk mengakomodasi warganya yang berwisata ke Korut sejak 1990-an.

Kala itu, tur ini merupakan simbol kerja sama antar kedua Korea dan sumber dana penting bagi ekonomi Korut. Namun, Seoul menghentikan tur ini pada 2008 setelah seorang penjaga Korut menembak seorang turis asal Korsel.

Penghancuran terapung milik Korea Selatan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak 2010, namun ditunda terkait pengetatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pemimpin Korut Kim Jong Un pada 2019 menyebut fasilitas milik Korsel buruk sehingga memerintahkan penghancuran

Namun, Korsel tak bisa memulai kembali tur Gunung Berlian mereka. Pasalnya, Korut sedang berhadapan dengan sanksi internasional dan terus melakukan uji coba nuklir. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here