Tuesday, 23 April 2024
HomeNasionalAntisipasti Kemacetan, Dishub Batasi Truk Logistik Saat Mudik Lebaran

Antisipasti Kemacetan, Dishub Batasi Truk Logistik Saat Mudik Lebaran

Bogordaily.net – Dalam mengantisipasi kepadatan (macet) di puncak mudik Hari Raya Idul Fitri 2022, pemerintah bakal membatasi jumlah kendaraan yang melewati tol Jakarta-Cikampek pada tanggal 28-29 April 2022.

Selain di jalan tol, juga ada pembatasan yang dilakukan di . Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menerangkan, pembatasan tersebut bukan berarti pelarangan.

Hal itu berarti truk bermuatan logistik yang biasa melewati jalan tol tersebut akan dialihkan ke jalan lainnya. Termasuk .

“Karena kita melihat potensi pergerakan kendaraan pribadi dengan menggunakan jalan tol akan tinggi sekali,” ujarnya, dikutip dari PMJ, Jumat 8 April 2022.

Selanjutnya, pengecualian akan diberikan kepada truk pengangkut komoditas vital.

“Ada beberapa komoditas yang masih diperbolehkan, BBM, sembako dan lainnya itu boleh. Dan, ini dikhususkan untuk mobil truk sumbu tiga ke atas,” tuturnya.

“Kemudian kereta tempelan atau gandengan. Lalu kendaraan yang nanti akan kita keluarkan (jenisnya),” urainya panjang lebar.

Menurutnya, pembatasan selama arus mudik tersebut, hanya dilakukan di pulau Jawa. Tetapi, juga menyasar di wilayah Bali, dan Sumatera Utara.

“Pembatasan mudik ini tak hanya di Jakarta saja, atau di Jawa saja, tapi juga termasuk ada di beberapa di Bali. Dari mulai Gilimanuk-Denpasar, dan ada juga di Sumatera termasuk juga ada di Medan,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here