Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaDoa Puasa Hari ke-20 Bulan Ramadan Beserta Arti dan Kemuliaannya

Doa Puasa Hari ke-20 Bulan Ramadan Beserta Arti dan Kemuliaannya

Bogordaily.net – Tak terasa Ramadan menyisakan 10 hari terkahir dalam menjalankan puasa. Doa puasa Ramadan hari ke-20 pun dapat dibaca untuk menambah kekhidmatan dan berkah bulan suci yang akan segera berkahir.

Bulan suci Ramadan merupakan waktu mustazab untuk memanjatkan doa. Pada setiap waktu dan tempat doa akan lebih cepat terkabulkan.

Pada bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat bagi umat Muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Doa bagaikan senjata bagi umat Islam yang beriman. Setiap menjalankan ibadah apa pun, selalu diiringi dengan doa kehadirat Allah SWT.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Di bulan ini (Ramadan) napasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmu diterima, dan doa-doamu diijabah.”

Memasuki hari ke-20 Puasa Ramadan ini, Muslim harus terus istikamah agar puasa yang dijalani diterima Allah SWT.

اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ فِيْهِ أَبْوَابَ الْجِنَانِ وَ أَغْلِقْ عَنِّيْ فِيْهِ أَبْوَابَ النِّيْرَانِ وَ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِتِلاَوَةِ الْقُرْآنِ يَا مُنْزِلَ السَّكِيْنَةِ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Latin:

Allahumma-ftahlî fîhi abwâbal jinâni wa aghliq ‘annî fîhi abwâban nîrâni wa wafqnî fîhi li tilâwatil qur’âni yâ munazzilas sakînati fî qulûbil mu’minîn

Terjemahannya:

“Ya Allah, bukalah bagiku di bulan ini pintu-pintu surga, tutuplah untukku di bulan ini pintu-pintu neraka, dan berikanlah taufik kepadaku di bulan ini untuk membaca al-Quran, wahai Penurun ketenangan di hati Mukminin.”

Kemuliaan puasa di bulan Ramadan, dalam beberapa hadis, Nabi Muhammad SAW telah banyak mengungkapkan perihal keistimewaan puasa di bulan Ramadan.

Di antaranya ialah melalui riwayat Ibnu Majah, dari Abu Hurairah ia berkata:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa berpuasa ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni”.

Riwayat Muslim menuturkan:

“Bila bulan Ramadhan tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, pintu-pintu neraka ditutup dan syetan-syetan pun dibelenggu”.

Artinya, begitu mulia bulan Ramadan dan umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa hingga berpotensi menghadirkan sejumlah balasan dan pahala.

Meskipun demikian, puasa yang telah dijalankan tersebut setidaknya juga mampu membawa dampak positif bagi kehidupan.

Maka, selain mampu menahan rasa lapar dan dahaga di siang hari, puasa selayaknya bisa memberikan efek terutama demi menambah semangat ibadah dan nilai ketakwaan terhadap Allah SWT, sebagaimana dituliskan melalui surah al-Baqarah ayat 183.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here