Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorDua TPU di Kota Bogor Bakal Dipadati Ribuan Peziarah, Disperumkim Minta Terapkan...

Dua TPU di Kota Bogor Bakal Dipadati Ribuan Peziarah, Disperumkim Minta Terapkan Prokes

Bogordaily.net – Dua Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Bogor bakal dipadati ribuan peziarah di saat Hari Raya Idul Fitri. Kedua TPU tersebut, di antaranya TPU Blender Jalan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, dan Jalan Pahlawan, Kecamatan Bogor Selatan.

 

Kepala UPTD Pemakaman pada Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Bogor Toto Gunarto

Kepala UPTD Pemakaman pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Toto Gunarto mengatakan, kedua TPU tersebut tentunya menjadi perhatian pemerintah, sebab dari tahun ke tahun banyak warga berziarah ke dua TPU tersebut.

“Memang dua TPU ini menjadi perhatian kami. Karena memang banyak makam warga di situ, berdasarkan data ada sekitar 10 ribuan makam, sehingga kami memprediksi selama lebaran bakal dipadati ribuan peziarah,” kata Toto saat dikonfirmasi Bogordaily.net, Rabu, 27 April 2022.

Meski menjadi perhatian, namun kata Toto, tidak ada persiapan khusus karena petugas yang berada di dua TPU tersebut tetap bekerja seperti biasa. Selain itu, lanjut dia, untuk mengantisipasi apabila ada yang meninggal dunia di saat hari raya pihaknya sudah menyiapkan lima lubang di masing-masing TPU tersebut.

“Kita berharap tidak ada yang meninggal dunia di saat hari raya. Tetapi sebagai antisipasi, kita sudah menyiapkan lima lubang makam,” ujarnya.

Ditanya apakah ada penertiban kepada pedagang kembang yang berjualan di area pemakaman, kata Toto, pihaknya tidak memiliki kewenangan soal itu. Dan menurutnya itu kembali kepada hati nurani, karena menyangkut ekonomi masyarakat.

“Kalau soal itu, kami tidak melarangnya. Sebab, petugas kami hanya bertugas untuk membantu proses pemakaman. Yang pasti, kami berharap para peziarah dapat menerapkan protokol kesehatan (prokes), mengingat pandemi masih ada dan kami sudah menyiapkan tempat cuci tangan hingga alat pengukur suhu tubuh,” tutupnya.

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here