Saturday, 1 June 2024
HomeKulinerFakta Unik dan Menarik Dibalik Enaknya Santapan Sate Padang

Fakta Unik dan Menarik Dibalik Enaknya Santapan Sate Padang

Bogordaily.net – Makanan khas , rendang sempat hadirkan rasa bangga saat dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia beberapa waktu lalu. Namun, tak hanya dikenal dengan Rendangnya saja, sate pun meiliki cita rasa yang luar biasa. Baghkan, ada fakta unik dibalik enaknya sate .

Konon menurut sejarahnya, sate ternyata sudah ada sejak zaman peperangan dulu. Makanan yang biasanya berbahan dasar daging sapi, lidah sapi, dan jantung sapi ini dipercaya berasal dari Panjang, Sumatra Barat.

Kemudian sate  ini terus mengalami perkembangan dan dikenal semakin luas karena dibawa oleh beberapa peziarah dan santri yang belajar mengaji ke salah satu wilayah yang cukup populer sebagai pusat pendidikan agama Islam di Sumatera Barat pada masa itu yaitu Pariaman.

Jenis-Jenis Sate
Setelah turut dibawa oleh para peziarah dan santri yang belajar mengaji dari Panjang ke Pariaman, Sate pun mengalami penyesuaian dari segi karakteristik rasa dan warna bumbunya. Rasa dan warna bumbu ini kabarnya menyesuaikan dengan jenis bumbu yang khas dari daerahnya masing-masing.

Jika ditilik lebih lanjut ada tiga jenis sate , yaitu:

1. Sate Padang Panjang, identik dengan sajian bumbunya yang berwarna kekuningan;

2. Sate Pariaman, identik dengan sajian bumbunya yang berwarna merah, karena menggunakan campuran cabai yang lebih banyak sehingga rasanya pun jadi lebih pedas;

3. Sate Padang Kota, identik dengan sajian bumbunya yang berwarna kecokelatan, bahkan banyak yang menganggap bumbu ini merupakan perpaduan antara bumbu Padang Panjang dan Pariaman.

Selain dagingnya yang empuk dan lezat, bagian terpenting lain dari sate Padang adalah bumbunya. Sekalipun memiliki rasa dan warna yang berbeda-beda bumbu Sate Padang Panjang, Sate Pariaman, Sate Padang Kota tetap berbahan dasar sama, yaitu biasanya terbuat dari rebusan tepung beras yang dicampur dengan beragam rempah-rempah.

Itulah tadi sedikti ulasan mengenai fakta unik Sate Padang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here