Pemerintah Wajibkan Vaksin Kanker Serviks

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kesehatan · 22 Apr 2022 09:54 WIB

Gratis, Pemerintah Wajibkan Para Wanita untuk Vaksin Kanker Serviks


 Pemerintah Menyasar Anak Usia 12 Tahun untuk Terima Vaksn Kanker Serviks. (dream.co/Bogordaily.net) Perbesar

Pemerintah Menyasar Anak Usia 12 Tahun untuk Terima Vaksn Kanker Serviks. (dream.co/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mewajibkan vaksin Human Papillomavirus (HPV) bagi perempuan usia 12 tahun ke atas. Budi Gunadi Sadikin merencanakan pemberian vaksin kanker serviks ini secara gratis pada untuk mencegah kanker serviks.

“Kita akan naikkan vaksin wajibnya dari 11 antigen menjadi 14, kita tambah vaksin (human papillomavirus) HPV, PVC sama rotavirus, terutama karena kematian kanker itu paling banyak wanita Indonesia karena kanker serviks sama payudara, serviks ada vaksinnya,” kata Budi Gunadi dalam pertemuan Diaspora Kesehatan Indonesia Kawasan Amerika dan Eropa yang diunggah di Youtube.

Kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV dan mengenai organ reproduksi wanita. Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang bisa dicegah melalui vaksinasi.

Dikutip dari laman WebMD, kanker serviks atau kanker leher rahim berisiko menyerang setiap wanita tanpa memandang usia dan gaya hidup. Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim.

Biasanya, kanker serviks tidak menunjukkan gejala pada tahap awal dan gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar. Umumnya penyakit ini menyerang wanita usia reproduktif 30-50 tahun.

Program wajib vaksin serviks ini diproyeksikan berjalan sejak 2021. Program ini baru berjalan di dua provinsi dan lima kabupaten/kota.

Rencananya baru tahun 2023 dan 2024 program vaksinasi serviks ini akan berlaku dan diwajibkan di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya akan dimulai tahun ini dengan target sasaran siswi kelas 5 dan 6 SD.*

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Peduli Kesehatan Kulit, Emak-emak Gang Kepatihan Ngariung Bareng Aa’ Reandi

1 Desember 2022 - 18:54 WIB

Ngariung sehat

Hari AIDS Sedunia 1 Desember, Download Link Twibbon di Sini

1 Desember 2022 - 08:38 WIB

Momen HKN, Dinkes Kabupaten Bogor Fokus Pada Penanganan Stunting

30 November 2022 - 22:13 WIB

penanganan stunting

Selain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban 

30 November 2022 - 16:21 WIB

munculnya uban

Pertanda Kolesterol Tinggi, Sering Nyeri Pinggul

30 November 2022 - 15:48 WIB

Nyeri Pinggul

Jaga Kesehatan Kulit, Ini Tips dari Dokter Raendi Rayendra

30 November 2022 - 14:58 WIB

Trending di Kesehatan