Friday, 29 March 2024
HomeBeritaGratis, Pemerintah Wajibkan Para Wanita untuk Vaksin Kanker Serviks

Gratis, Pemerintah Wajibkan Para Wanita untuk Vaksin Kanker Serviks

Bogordaily.net melalui Kementerian Kesehatan mewajibkan vaksin Human Papillomavirus (HPV) bagi perempuan usia 12 tahun ke atas. Budi Gunadi Sadikin merencanakan pemberian ini secara gratis pada untuk mencegah kanker serviks.

“Kita akan naikkan vaksin wajibnya dari 11 antigen menjadi 14, kita tambah vaksin (human papillomavirus) HPV, PVC sama rotavirus, terutama karena kematian kanker itu paling banyak Indonesia karena kanker serviks sama payudara, serviks ada vaksinnya,” kata Budi Gunadi dalam pertemuan Diaspora Kesehatan Indonesia Kawasan Amerika dan Eropa yang diunggah di Youtube.

Kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV dan mengenai organ reproduksi . Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang bisa dicegah melalui vaksinasi.

Dikutip dari laman WebMD, kanker serviks atau kanker leher rahim berisiko menyerang setiap tanpa memandang usia dan gaya hidup. Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim.

Biasanya, kanker serviks tidak menunjukkan gejala pada tahap awal dan gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar. Umumnya penyakit ini menyerang usia reproduktif 30-50 tahun.

Program vaksin serviks ini diproyeksikan berjalan sejak 2021. Program ini baru berjalan di dua provinsi dan lima kabupaten/kota.

Rencananya baru tahun 2023 dan 2024 program vaksinasi serviks ini akan berlaku dan diwajibkan di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya akan dimulai tahun ini dengan target sasaran siswi kelas 5 dan 6 SD.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here