Wednesday, 8 February 2023
HomeWisataGua Sunyaragi Jadi Destinasi Wisata Sejarah Baru di Cirebon

Gua Sunyaragi Jadi Destinasi Wisata Sejarah Baru di Cirebon

IIMS

Bogordaily.net – Cirebon selama ini terkenal sebagai daerah dengan spot wisata sejarah yang melimpah. Salah satunya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon, peninggalan dari masa Kesultanan Cirebon yang hingga kini masih berdiri tegak bisa jadi alternatif  wisata sejarah saat berkunjung ke Cirebon.

Meski berbau destinasi wisata sejarah, namun Gua Sunyaragi Cirebon juga cocok untuk jadi pilihan berlibur bersama keluarga disela kesibukan silaturahmi lebaran.

Gua Sunyaragi Cirebon ini berbeda dari gua biasanya karena tidak berada di dalam tanah melainkan di atas permukaan tanah. Gua Sunyaragi masuk dalam komplek Keraton Pakungwati. Bentuknya mirip bangunan kuno berbatu dan memiliki beberapa ruangan yang sedikit hancur.

Nama gua ini berasal dari bahasa Sansekerta, yakni ‘sunya’ yang artinya sepi dan ‘ragi’ yang artinya raga.

 

Luas destinasi ini 15 hektar, jadi Anda tak usah khawatir kehabisan spot instagenik selama menjelajahi destinasi ini. Pun saat ini sudah ada destinasi baru yang juga sangat seru yakni Balon Terbang, Ayunan Terbang, Sepeda Terbang dan Panahan. Keempat permainan baru ini berlatar belakang keindahan Gua Sunyaragi.

Gua ini memiliki dua bangunan yang memiliki fungsinya masing-masing seperti rumah zaman kerajaan.

Ada mitos terkenal dari Gua Sunyaragi ini. Konon jika ada gadis perawan yang menyentuh patung batu bernama Perawan Sunti ia akan sulit mendapatkan jodoh dan bahkan tidak akan pernah menikah seumur hidupnya. Tapi jika tidak sengaja menyentuh patung batu tersebut, ada hal yang bisa dilakukan untuk menangkalnya yakni berjalan ke dalam Gua Kelanggengan yang dipercaya melanggengkan sesuatu termasuk urusan jodoh.

Bangunan Gua Sunyaragi Cirebon ini memang tua dan sudah hancur sebagian tapi destinasi ini sangatlah instagenik. Anda bisa berfoto dengan bangunan tua tersebut dengan rumput hijau yang terawat.

Untuk harga tiketnya sangat terjangkau yakni hanya berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. Dari pada bingung mau liburan ke mana, tak ada salahnya lebaran ini berkunjung ke Gua Sunyaragi Cirebon dan koleksi foto-foto bersama keluarga.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

E-paper

Hari Pers Nasional

Selamat Tahun Baru 2023

Bank Kota Bogor