Thursday, 2 May 2024
HomeEkonomiIngin Gunakan Kartu Kredit? Simak 5 Cara Pintar Menggunakan Kartu Kredit

Ingin Gunakan Kartu Kredit? Simak 5 Cara Pintar Menggunakan Kartu Kredit

Bogordaily.net – Keberadaan tak hanya membuat transaksi menjadi lebih nyaman dan praktis, melainkan juga penyelamat keuangan Anda ketika berbelanja dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebelum menggunkan , Anda harus pahami cara pintar dalam menggunakan .

Penawarn dalam sebuah memang sering kali membuat siapa saja yang ditawarkan jadi tergiur. Mulai dari  penawaran diskon, poin, cicilan, bebas biaya tahunan kartu hingga perannya sebagai dana darurat. Tak ayal, orang-orang kerap menyebut sebagai kartu sakti.

Namun, Anda juga jangan kalap saat membelanjakan sesuatu dengan menggunakan . Agar cicilan Anda tidak membengkak, berikut ini dirangkum dari berbagai sumber, 5 cara pintar menggunakan .

1. Ketahui Kemampuan Bayar Tagihan

Umumnya limit yang diberikan oleh bank melebihi penghasilan yang kita miliki. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui kemampuan Anda membayar tagihan. Jangan sampai tagihan bulan melebihi kemampuan Anda atau mendekati setengah penghasilan Anda. Gunakan sesuai kebutuhan dan hindari gaya hidup mewah.

2. Manfaatkan Cicilan 0%

Supaya tagihan bulanan tetap tercover oleh pendapatan kita, manfaatkan promo, diskon dan cicilan 0% yang ada. Penawaran cicilan 0% inilah menjadi keunggulan dari kartu kredit. Misalnya belanja smartphone senilai Rp12 juta. Jika memilih cicilan 12 bulan, Anda cukup membayar Rp1 juta setiap bulan. Tak perlu khawatir menguras pendapatan bulanan Anda.

Sekarang ini banyak sekali e-commerce dan offline store yang menawarkan program cicilan 0%. Sebisa mungkin hindari mengubah cicilan via bank, karena ini akan membuat Anda terkena bunga, mulai dari bunga promo 0,99% hingga 2,99%. Di balik keringanan bayar, pada beberapa bank penerbit kartu kredit, penggunaan cicilan menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan bebas biaya kartu kredit tahunan.

3. Belanja sesuai rencana

Biasakan diri Anda untuk berbelanja sesuai rencana. Di mana pun tempat belanjanya, rencana belanja Anda akan membantu mengendalikan pengeluaran Anda.

Sebagai contoh, dari rumah Anda sudah merencanakan akan menggunakan kartu kredit untuk membeli sebuah treadmil. Saat di toko peralatan kebugaran, fokuskan diri Anda untuk membeli treadmil.

Memfokuskan diri pada rencana belanja memang tidak mudah. Selalu saja ada godaan yang meningkatkan hasrat membeli Anda.

Misalnya, sandal kesehatan yang dipromosikan beli satu dapat gratis satu. Jika terbersit di kepala untuk membeli barang tersebut, kembali ke rencana belanja Anda dan ingatlah bahwa Anda perlu uang untuk keperluan lain.

4. Periksa tagihan dengan cermat

Jika Anda sudah menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, Anda akan mendapatkan tagihan bulanan yang dikirimkan ke rumah Anda.

Periksa tagihan tersebut dengan cermat untuk mengetahui apakah ada transaksi yang tidak Anda lakukan.

Jika ada, segera hubungi layanan pelanggan dari penerbit kartu kredit Anda untuk mengadukan komplain Anda.

5. Bayar Penuh Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Cara penting selanjutnya adalah membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo dan bayar secara penuh. Cara ini akan menghindarkan Anda dari bunga kartu kredit. Supaya tidak terlewatkan, biasakan untuk membayar tagihan kartu kredit di hari kamu menerima gaji atau ketika tagihan sudah dicetak.

Hindari membayar tagihan minimum karena otomatis beban utang semakin tinggi. Sebaiknya bayar minimal setengah dari tagihan, supaya di bulan berikutnya lebih ringan untuk membayar penuh.

Itulah tadi beberapa cara pintar dalam menggunakan kartu kredit, semoga bermanfaat ya.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here