Tuesday, 14 May 2024
HomePolitikJelang Pemilu 2024, Lima Parpol Baru dan 11 Partai Ganti Nama

Jelang Pemilu 2024, Lima Parpol Baru dan 11 Partai Ganti Nama

Bogordaily.net–  Menjelang beberapa partai politik baru yang mendaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Tak hanya itu beberapa partai lama juga mengganti nama.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Tata Negara Ditjen Administrasi Hukum Umum Baroto.

Baroto menjelaskan terdapat dua partai baru yang telah terdaftar di , yakni Partai Gelora Indonesia dan Partai Ummat.

“Saat ini terdapat dua partai yang baru. Jadi ini baru sama sekali dia lahir dari partai yang memang mendaftarkan murni dari awal yaitu Partai Gelora dan Partai Ummat,” ujar Baroto dalam sosialiasi rancangan Peraturan KPU Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu, secara virtual, dilansir dari Suara.com, Kamis, 7 April 2022.

Selain dua partai tersebut tiga partai baru lainnya kata dia, kekinian masih berproses di .

“Yang saat ini sedang berproses juga masih ada, setidak-tidaknya ada tiga partai nih yang memohon menjadi partai. Ini dari awal mendaftar, dari baru artinya memang benar-benar murni dari baru, bukan mengubah nama bukan mengakuisisi atau apapun,” jelas Baroto.

Lebih lanjut Baroto menyebut dari 75 partai politik yang tercatat di , terdapat 11 partai politik yang namanya baru.

Ia menuturkan 11 partai politik tersebut ada yang berubah nama atau berubah kepemilikan partai.

“Data kami, dari 75 partai tadi ada 11 partai yang namanya baru, nanti di belakang nama itu ada history tersendiri ada yang memang hanya berubah, nama ada yang memang kepemilikannya sebelumnya sudah berubah ya,” katanya.

Ia mencontohkan Partai Kemajuan berganti nama menjadi Partai Makmur, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menjadi Partai Keadilan Persatuan. Lalu Partai Damai Kasih Bangsa berubah menjadi partai Pelita, dan lain sebagainya.

“Berubah namanya itu kadang-kadang ada yang memang namanya berubah saja, partainya tetap partai yang lama, tetapi ada juga yang berubah nama itu termasuk juga nanti background kepengurusannya. Ini yang menjadi persoalan kami,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here