Friday, 26 April 2024
HomeNasionalKabar Gembira! Warga Non KTP DKI Bisa Ikut Mudik Gratis Pemprov Jakarta

Kabar Gembira! Warga Non KTP DKI Bisa Ikut Mudik Gratis Pemprov Jakarta

Bogordaily.net – Kabar gembira, bagi masyarakat ber-KTP non DKI Jakarta bisa mengikuti program dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada tahun lebaran tahun ini.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Yayat Sudrajat mengatakan yang boleh mengikut program ini tidak hanya khusus warga Jakarta saja. Bagi yang memiliki KTP di luar DKI juga dibolehkan untuk ikut.

“Itu kan kita enggak mengkhususkan, kita mengutamakan, beda loh. Kalau kita khususkan berarti warga KTP DKI aja, ini kan mengutamakan untuk KTP DKI,” kata Yayat, dikutip dari cnnindonesia, Selasa, 19 April 2022.

Yayat mengungkapkan, bahwa pihaknya tidak mengkotak-kotakan warga untuk ikut program ini. Namun, untuk saat ini yang diutamakan adalah warga ber-KTP DKI Jakarta.

“Kami enggak mengkhususkan, kami mengutamakan, beda loh. Kalau kami khususkan berarti warga KTP DKI saja, ini kan mengutamakan untuk KTP DKI,” ujarnya

Yayat memastikan, sampai saat ini pendaftaran masih terus dibuka. Dari 11.000 kuota yang disiapkan Pemprov DKI, sampai saat ini baru 6.500 kursi yang terisi. Artinya, masih tersisa kuota 4.500 orang.

“Sampai siang tadi jam 11.00 WIB, baru terisi 6.000-an. Jadi masih banyak (kuota tersisa), belum penuh kuotanya,” paparnya.

Nantinya, total ada 292 bus yang disiapkan Pemprov DKI untuk mengangkut para pemudik menuju 17 kota tersebut. Ratusan bus ini akan diberangkatkan dari Terminal Terpadu Pulo Gebang pada 27 April 2022 mendatang.

Syarat dan jadwal keberangkatan
Calon pemudik yang ikut program layanan mudik dan balik gratis itu diutamakan yang sudah menerima vaksin dosis ketiga atau booster, membawa sepeda motor, dan yang akan melakukan perjalanan arus mudik serta balik ke Jakarta.

Setiap kepala keluarga (KK) yang mendaftar maksimal bisa untuk empat orang. Untuk program , layanan akan dibagi menjadi dua.

Layanan angkutan sepeda motor para pemudik dengan truk akan dilakukan 26 April 2022 dari Terminal Pulo Gadung.

Sedangkan, keberangkatan dengan bus akan dilaksanakan Rabu, 27 April 2022, dari Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Adapun untuk arus balik dengan program gratis ini, untuk truk pengangkut sepeda motor akan berangkat 7 Mei 2022 dari lokasi masing-masing menuju Terminal Pulo Gadung.

Untuk bus akan berangkat dari lokasi masing-masing pada 8 Mei 2022 menuju Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Untuk tujuan mudik ada 17 kabupaten dan kota, yakni Palembang, Lampung, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Wonosobo, Yogyakarta, Sragen, Wonogiri, Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang.

Cara daftar:
Calon peserta dapat mendaftar secara daring (online) melalui situs resmi www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui WhatsApp ke nomor 08-123-188- 5758.

”Setelah mengisi form pendaftaran, petugas akan menghubungi Anda untuk jadwal verifikasi offline atau luring,” kata Yayat.

Setelah menerima jadwal verifikasi, calon pemudik bisa datang ke lokasi verifikasi offline sesuai dengan tempat dan waktu yang tertera pada tiket kode booking (QR Code) untuk mendapatkan tiket keberangkatan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here