Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaKapalan Mengganggu? Coba 4 Bahan Alami Ini Untuk Hilangkan Kapalan

Kapalan Mengganggu? Coba 4 Bahan Alami Ini Untuk Hilangkan Kapalan

Bogordaily.net dapat terbentuk ketika kulit mengalami gesekan atau tekanan secara berulang atau berlebihan. Namun, beberapa bahan alami ternyata mampu hilangkan yang muncul di kaki atau tangan Kita.

adalah suatu kondisi kulit yang mengeras dan menebal. Umumnya, masalah kulit ini kerap tumbuh di area kulit telapak tangan, hingga ujung jari tumit, kaki, siku, atau lutut. Lantas, bagaimana cara menghilangkan ?

Selain terasa menebal saat disentuh, juga membuat warna kulit berubah jadi kuning kepucatan. Kondisi ini tidak hanya menimbulkan kaki terasa tidak nyaman ketika bergesekan dengan alas kaki atau lantai, melainkan juga muncul rasa nyeri.

Namun, Anda bisa hilangkan dengan bahan alami yang tersedia dirumah.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan bahan alami ini.

Berikut 4 bahan alami yang bisa menghilangkan

1. Baking soda
Salah satu cara menghilangkan di kaki secara alami adalah dengan baking soda. Cara kerjanya diklaim mirip dengan krim eksfoliator yang berfungsi mengelupas tumpukan sel-sel kulit mati yang menebal dan mengeras.

Anda cukup mencampurkan 2 sendok makan air dengan soda kue secukupnya dalam sebuah wadah kecil. Aduk merata sampai teksturnya membentuk pasta. Tambahkan beberapa tetes air perasan lemon atau jeruk nipis.

Oleskan pada area kaki yang sudah bersih. Lalu, bungkus dengan kaus kaki atau perban kasa agar pasta baking soda tidak mengotori benda di sekitar Anda. Lakukan langkah ini tiap malam hari secara rutin dan bersihkan keesokan harinya.

2. Cuka apel
Cuka apel juga dipercaya sebagai obat alami. Kandungan asam dalam cuka apel dianggap mampu melembutkan kulit kapalan yang mengeras dan menebal.

Anda bisa mencampurkan air dan cuka apel secukupnya dengan perbandingan jumlah air lebih banyak. Kemudian, rendam kaki atau tangan kapalan selama 20 menit.

Jika dilakukan secara rutin, kulit kapalan yang menebal dan mengeras perlahan akan mengelupas. Namun, ingat jangan langsung menariknya dengan keras karena rentan menyebabkan luka dan infeksi.

3. Tea tree oil
Tea tree oil mengandung zat antibakteri, antijamur, dan antiseptik alami. Untuk menghilangkan kapalan, Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam wadah berisi air hangat.

Kemudian, rendam kaki atau tangan kapalan selama beberapa saat. Namun, ingat jangan merendamnya lebih dari 15 menit. Pasalnya, kandungan tea tree oil sangat kuat dan dapat merusak lapisan kulit bila terpapar terlalu lama.

4. Garam epsom
Garam epsom sering kali digunakan sebagai obat alami kapalan untuk sejumlah masalah kulit, salah satunya adalah kapalan di telapak kaki. Garam ini memiliki fungsi sebagai eksfoliator alami yang dapat membantu mengelupas sel-sel kulit.

Anda bisa menggunakannya dengan cara mencampurkan 2-3 sendok makan garam epsom ke dalam baskom berisi air hangat. Lalu, rendam kaki atau tangan yang terkena kapalan ke dalam larutan tersebut.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here