Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten BogorKebutuhan Minyak Goreng Tinggi, Kabupaten Bogor Tempati Urutan ke 2 se-Jabar

Kebutuhan Minyak Goreng Tinggi, Kabupaten Bogor Tempati Urutan ke 2 se-Jabar

Bogordaily.net-Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, kebutuhan minyak goreng di sangatlah , bahkan mencapai 18.531 liter. Hal itu membuat Bumi Tegar Beriman menempati urutan ke dua di , tingginya kebutuhan untuk minyak goreng.

Untuk itu, Pemkab Bogor berharap kebutuhan minyak goreng dapat terpenuhi setalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) meluncurkan Program Pemesanan Minyak Goreng Curah Bersubsidi via Aplikasi Sapawarga Untuk Ibu-ibu Dimana-mana (Pemirsa Budiman) yang merupakan aplikasi pemesanan minyak goreng bersubsidi.

“Pemesan tertinggi minyak goreng tercatat berada di dua kecamatan. Yakni Gunungputri dan Kecamatan Gunung Sindur,” kata Ade Yasin Rabu 13 April 2022.

Lanjutnya ia mengatakan, kedua kecamatan tersebut masuk dalam 10 kecamatan tertinggi dengan jumlah pemesanan masing-masing 5.836 liter dan 2.414 liter.

“Pemesan minyak goreng berdasarkan Kepala Keluarga (KK) di mencapai 6.268 KK, dan pemesan berdasarkan RW mencapai 217 RW,” tambahnya.

Wanita yang akrab disapa Teh Ade itu juga menambahkan, untuk tingkat desa, Wanaherang Kecamatan Gunungputri berada urutan kedua tertinggi dengan jumlah pemesanan 3.358 liter.

Sementara di tingkat RW, 10 tertinggi pemesanan, pada urutan pertama, RW 7 Desa Wanaherang Kecamatan Gunung Putri mencapai 1.353 liter dan RW 3, Desa Karacak Kecamatan Leuwiliang masuk urutan kedelapan dengan pemesanan mencapai 762 liter.

Tingginya pemesanan minyak goreng, kata Ade Yasin, menempatkan di urutan kedua daerah di setelah Tasikmalaya dengan kebutuhan mencapai 31.870 liter.

Ade Yasin menyebut, data tersebut menggambarkan respon yang positif dari masyarakat di terhadap program Pemirsa Budiman (Pemesanan Minyak Goreng Curah Bersubsidi via Aplikasi Sapawarga Untuk Ibu-ibu Dimana-mana), yang digulirkan Pemprov Jabar di tengah kenaikan harga bahan pokok dan bahan bakar minyak (BBM).

“Saya sangat mengapresiasi program ini, Pemirsa Budiman merupakan program sementara yang dilakukan di masa krisis di tengah kondisi kenaikan harga bahan pokok dan BBM di bulan Ramadhan. Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini semaksimal mungkin,” jelasnya.

Sebagai informasi, program Pemirsa Budiman adalah upaya untuk memudahkan masyarakat memperoleh minyak goreng.

Teknis pemesanan minyak goreng di Aplikasi Sapawarga tak bisa dilakukan oleh pribadi, melainkan dikoordinasi oleh RW (Rukun Warga) dengan prioritas wilayah yang harganya minyak gorengnya masih .*

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here