Tuesday, 28 May 2024
HomeNasionalKemenhub Sediakan 350 Armada Bus Mudik Gratis, Ini Syaratnya!

Kemenhub Sediakan 350 Armada Bus Mudik Gratis, Ini Syaratnya!

Bogordaily.net – Setelah pemerintah mengizinkan masyarakat unutk mudik, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan bus mudik gratis untuk 10.500 orang. Program mudik gratis ini, akan dilangsungkan pada bulan April 2022 mendatang.

“Jumlah pemudik kurang lebih 10.500 orang yang dapat mengikuti program mudik gratis,” terang Dirjen Perhubungan Darat , Budi Setiyadi, dikutip dari PMJ, Kamis 7 April 2022.

Sebagai informasi, Ditjen Perhubungan Darat saat ini sedang menyiapkan sebanyak bus mudik gratis untuk penumpang dan sebanyak 34 truk untuk angkutan motor.

Kemudian Ditjen Perhubungan Darat sekarang tengah menyiapkan sebanyak bus untuk penumpang, dan sebanyak 34 truk untuk angkutan motor.

Menurut Budi, mekanisme pendaftaran mudik gratis tersebut dapat dilakukan secara daring (online) melalui website.

Registrasi peserta akan dibagi di 5 lokasi secara daring, yaitu Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi dan Depok. Lalu, menyiapkan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk kegiatan ini.

“Program ini dianggarkan Rp10 miliar,” ujarnya.

Adapun syarat bagi pemudik yang ingin ikut mudik gratis ini, diantaranya:

1. Syarat utama pelaku perjalanan mudik gratis tentu saja adalah mereka harus sudah melakukan vaksinasi.
2. Bagi pelaku perjalanan yang telah vaksinasi booster tidak perlu menunjukkan hasil tes PCR/Antigen.
3. Wajib menunjukkan hasil tes negatif PCR/Atigen bagi yang telah vaksin 2, hasil test PCR bagi yang baru vaksin 1.
4. Anak usia di bawah 6 tahun syarat vaksinasi untuk mudik tidak diberlakukan dan tidak wajib membawa hasil antigen/PCR.
5. Pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus wajib membawa hasil test PCR dan juga surat keterangan dokter sakit pemerintah.
6. Membawa syarat dokumen yang diperlukan selama melakukan perjalanan mudik gratis lebaran 2022. Dokumen tersebut antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) bagi pemudik yang membawa anak.
7. Pemudik harus memiliki aplikasi PeduliLindungi atau membawa surat keterangan hasil tes vaksinasi booster, vaksin dosis 1 dan dosis 2 bagi pemudik yang tidak memiliki smartphone.

Pemerintah telah memberikan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk kegiatan mudik gratis 2022 ini. Hingga berita ini ditayangkan belum ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai pendaftaran mudik gratis 2022. Diperkirakan akan memberikan jadwal pendaftaran peserta mudik gratis 2022 jelang tanggal pelaksanaan mudik yang telah ditetapkan.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here