Sunday, 5 May 2024
HomeEkonomiKenaikan PPN 11 Persen Akankah Berimbas Pada Pembelian Voucher Game?

Kenaikan PPN 11 Persen Akankah Berimbas Pada Pembelian Voucher Game?

Bogordaily.net Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak telah mengumumkan pajak pertambahan nilai atau PPN dari 10 persen ke 11 persen. Kebijakan ini dimulai secara efektif pada 1 April 2022 kemarin. Kenaikan PPN ini menimbulkan banyak pertanyaan apakah akan berimbas terhadap pembelian atau tidak.

Marketing and Operation Manager Wallet Codes Indonesia, Vita Paulina memastikan belum ada pembahasan untuk menaikkan harga untuk menyesuaikan dengan kebijakan tersebut.

Untuk produk Wallet Codes yang dijual melalui website dan aplikasi, kami pastikan tidak ada kenaikan harga,” ungkap Vita Paulina, Marketing and Operation Manager Wallet Codes Indonesia.

Dengan adanya kebijakan kenaikan harga PPN ini Wallet Codes Indonesia telah melakukan strategi penyesuaian.

Saat ini, penyesuaian yang kami lakukan tidak membebankan pada harga jual di end user, namun perubahan pada pembagian di payment gateway dan biaya layanan, sehingga tidak mengubah harga jual di end user“, tambahnya.

Sebagai informasi, Wallet Codes memiliki 15 produk, diantaranya adalah Steam Wallet, UC PUBG Mobile, Mobile Legends Diamonds, Point Blank Cash, Ayodance Megaxus Mi Cash, Roblox Gift Card, Free Fire Diamonds, LifeAfter Credits, Ragnarok M Eternal Love BCC, Lords Mobile Diamonds, Call of Duty Cash, Saint Seiya Awakening Coupons, Valorant Points, Google Play Gift Card, dan Playstation Network Cards.

Kenaikan berimbas kepada proses transaksi dalam gim (in- purchase) melalui Google PlayStore. PPN ini dikenakan bagi pengguna Android yang ingin melakukan top-up mata uang dalam gim.

Salah satu contohnya adalah kenaikan harga saat ingin membeli Twilight Pass (Starlight Member) dalam gim MLBB. Umumnya, harga Twilight Pass adalah Rp 149.000, setelah dikenakan PPN, harganya kini menjadi Rp 165.390. Padahal sebelumnya, pemain hanya perlu membayar sebesar Rp 163.900.

Tidak hanya berlaku pada transaksi di Mobile Legend, di beberapa gim populer lainnya seperti Genshin Impact, PUBG Mobile, Free Fire juga dikenakan beban .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here