Thursday, 23 May 2024
HomeBeritaKetahui, Ini Dampak Negatif Overthinking bagi Kesehatan!

Ketahui, Ini Dampak Negatif Overthinking bagi Kesehatan!

Bogordaily.net– Terkadang kita menghabiskan terlalu banyak waktu memikirkan hal-hal yang ada di kepala sehingga kesulitan fokus pada tugas-tugas sederhana. Bahkan kita sampai mengalami gangguan tidur karena memikirkan hal-hal yang telah atau belum tentu terjadi. Kemungkinan ini adalah .

Ya, mengacu pada kecenderungan untuk menghabiskan banyak waktu dalam pemikiran, biasanya memikirkan sesuatu yang negatif. Pikiran-pikiran ini dapat dikaitkan dengan masa depan dan ketidakpastiannya, menganalisis mengapa seseorang berperilaku dengan cara tertentu, keraguan diri, dan mencoba bersiap untuk yang terburuk. Itu bisa mencoba menemukan solusi ideal untuk suatu masalah atau mengharapkan diri Anda menjadi sempurna.

Melansir Suara.com dari situs Uni Health, otak yang terlalu banyak berpikir mengalami kesulitan menerjemahkan tindakan dan memproses hasil positif, jadi sebaliknya itu menciptakan perasaan stres dan kecemasan. melelahkan, menghabiskan energi, dan bisa membuat Anda merasa terkuras secara fisik dan emosional.

Kita mungkin merasa mental menurun dan menjadi lebih mudah gelisah, atau bahkan mungkin mengalami peningkatan kecemasan dan depresi. Ketika sistem terlalu banyak berpikir, kita menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam pikiran sendiri yang membuat kita tidak tersedia secara mental dan emosional dengan teman, keluarga, dan orang-orang di sekitar.

Masih mengutip dari Uni Health, ini adalah suatu tindakan tanpa henti bolak-balik mempertimbangkan antara pilihan satu dan pilihan lainnya, kemudian mempertanyakan keputusan; membaca sampai ke detail terkecil, menjalankan monolog di kepala, mengkritik, dan memilah-milah hal-hal yang Anda atau orang lain katakan, khawatir orang lain menilai Anda atau bahwa Anda mungkin terlihat atau dianggap buruk atau negatif.

Dampak dari terkadang tidak sehat, menciptakan peningkatan kecemasan, depresi, ketakutan, stres, kelelahan, keragu-raguan, penyalahgunaan zat, kesepian, sulit tidur, dan ide bunuh diri. Jika sangat menyusahkan atau menyebabkan banyak gangguan, disarankan untuk mencari terapi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here