Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaJangan Dilewatkan, Berikut Keutamaan Sahur Ramadan

Jangan Dilewatkan, Berikut Keutamaan Sahur Ramadan

Bogordaily.net–  Di bulan suci Ramadan, umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Saat berpuasa, umat muslim harus menahan diri dari lapar dan haus dimulai dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Salah satu rangkaian kegiatan saat puasa adalah makan di waktu . Jika kita melaksanakannya maka terdapat beberapa keutamaan .

Oleh karena itu, menjadi sesuatu yang penting untuk dikerjakan meskipun bukan menjadi bagian dari kewajiban saat berpuasa. Karena sumber energi dalam tubuh akan tetap terjaga meskipun kita seharian tidak makan atau minum.

Selain mengandung keberkahan, juga memiliki hikmah atau keutamaan di dalamnya. Apalagi jika rutin menjalani sunnah Nabi ini ketika puasa selama bulan Ramadhan. Melansir Suara.com berikut keutamaan saat Ramadan:

Sebagai Sumber Energi

Keutamaan yang pertama yakni sebagai sumber energi. Seperti yang telah diketahui, bahwa puasa dilakukan sejak tetbitnya fajar hingga tenggelamnya  matahari. Maka dari itu, makan saat menjadi sangat penting bagi umat Islam.

Mendekatkan Waktu Ibadah

Rasulullah SAW sering saat menjelang imsak atau ketika mendekati waktu salat subuh. Hal ini dilakukan supaya kita tidak tidur lagi saat selesai . Sehingga dapat dikatan sebagai kegiatan yang dapat mendekatkan waktu ibadah.

Keberkahan Melimpah

Orang yang bangun untuk mengerjakan salat malam lalu berdoa, setelah itu ia makan sahur maka Allah akan mengirimkan malaikat untuk memberikannya keberkahan.

Allah SWT dan Malaikat Bersalawat

Meskipun makan saat sahur hukumnya sunnah, tetapi sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad meskipun hanya makan sesuap nasi dan seteguk air putih. Karena pada saat sahur Allah dan para malaikat akan bersalawat. Salawat Allah diberikan kepada mereka yang sahur berupa rahmat dan selawat malaikat yakni permohonan ampun untuk manusia.

Pembeda dengan Umat Terdahulu

Perintah mengerjakan puasa sudah ada jauh sebelum Islam hadir di tengah kehidupan manusia. Sehingga sahur menjadi pembeda puasa antara ahli kitab dengan umat Islam.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here