Tuesday, 30 April 2024
HomeKota BogorKodim 0606 Jaring Warga Sempur Untuk di Vaksin Booster

Kodim 0606 Jaring Warga Sempur Untuk di Vaksin Booster

Bogordaily.net – Setelah Bogor Selatan, kini Komando Distrik Militer 0606 (Kodim) Kota Bogor menyasar warga di wilayah Kecamatan Bogor Tengah untuk dilakukan . Gelaran dilakukan di dua tempat dekat Istana Bogor yakni, Kantor Pos Indonesia Cabang Bogor dan Kantor .

Namun berbeda dengan tempat-tempat sebelumnya, di Sempur dan Kantor Pos ini,  dibarengi dengan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT). Maka tak ayal dalam pelaksanaannya terlihat banyak warga yang datang hingga antre keluar gerbang. Seperti halnya di Kantor , Kecamatan Bogor Tengah.

Lurah Sempur, Dicky Pratama mengatakan, memang kegiatan vaksinasi booster dari Kodim 0606 ini berbarengan dengan pelaksanaan penyaluran BLT, sehingga terlihat penuh. Menurut dia, dengan dibarengkan dua kegiatan dalam satu waktu ini dinilai lebih efektif, sebab dapat terlihat warga mana yang belum di vaksin.

“Memang vaksin bukan syarat untuk BLT ini, tetapi pemerintah mengimbau agar semua warga itu di vaksin. Nah, tadi terlihat ada beberapa warga di vaksin dulu sebelum terima BLT,” kata Dicky kepada Bogordaily.net di kantornya, Sabtu, 16 April 2022.

Dicky menjelaskan, dua kegiatan (vaksin dan BLT) ini sengaja dibarengkan, karena pihaknya ingin memanfaatkan momentum tersebut. Tujuannya, untuk menaikkan target vaksin dan demi kesehatan masyarakat.

“Jadi kalau momentum ini tidak kita manfaatkan, ya sayang juga. Jadi kita manfaatkan ini dengan baik. Tetapi warga yang mendapat BLT ini mayoritas sudah di vaksin, lebih dari 50 persen,” jelasnya.

Dicky menuturkan, untuk BLT ini ada 410 keluarga penerima manfaat (KPM). Dimana bantuan tersebut nilainya sebesar Rp 500 ribu, yang diperuntukkan untuk membeli minyak goreng dan sembako.

“Jadi dari total Rp 500 ribu, sebesar Rp 300 ribu untuk subsidi minyak goreng dan Rp 200 ribu untuk sembako,” ujarnya.

Lanjut Dicky, dirinya tidak bisa menyampaikan capaian vaksinasi untuk wilayahnya, sebab untuk data masih ada di Dinas Kesehatan (Dinkes). Kendati demikian, dirinya terus berupaya agar target yang ditentukan pemerintah dapat dicapai hingga 25 April mendatang.

“Pemerintah Kota Bogor menargetkan 50 persen sampai akhir bulan dan kita terus berupaya untuk mencapai itu, salah satunya dengan momentum ini,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Bintara Pembina Desa TNI (Babinsa) Koptu Andri Herlianto mengatakan, vaksinasi booster yang dilakukan Kodim 0606 di wilayah kerjanya itu baru sekali. Karena memang berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan dan pelaksanaannya dilakukan secara mobile atau keliling ke setiap wilayah di Kota Bogor.

“Sebelumnya pelayanan vaksinasi booster ini sudah berkeliling ke kecamatan-kecamatan lain, dan hari ini di Bogor Tengah, salah satunya di ,” kata Koptu Andri.

Selain dilakukan Kodim, pihaknya juga bersama kelurahan selalu mobile atau jemput bola ke wilayah menemui warga untuk di vaksin dan ini sudah berjalan sejak kemarin.

“Nah, untuk hari ini dibarengkan pelaksanaannya. Kami akan terus membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi ini,” ujarnya.

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here