Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaKorea Utara Percepat Pengembangan Senjata Nuklir saat Parade Militer

Korea Utara Percepat Pengembangan Senjata Nuklir saat Parade Militer

Bogordaily.net (Korut) akan mempercepat pengembangan nuklir pada parade militer. Seperti dilaporkan AFP, Selasa, 26 April 2022, hal itu disampaikan pemimpin Kim Jong-un saat mengawasi parade militer besar-besaran yang memamerkan rudal balistik antarbenua paling kuat.

Meskipun didera sanksi menggigit, telah menggandakan upaya modernisasi militer. Kim melakukan uji coba terlarang tahun ini dan mengabaikan tawaran pembicaraan AS. Para analis memperingatkan kemungkinan dimulainya kembali uji coba nuklir.

Mengenakan seragam militer putih yang dihias dengan brokat emas, Kim menyaksikan tank, peluncur roket, dan ICBM terbesarnya diarak melalui Pyongyang Senin malam. Media pemerintah melaporkan parade itu merupakan peringatan berdirinya angkatan bersenjata .

Menurut rekaman pidato KCTV, Kim menyatakan akan mengambil langkah-langkah untuk lebih mengembangkan kekuatan nuklir negara kita dengan kecepatan secepat mungkin.

“Kekuatan nuklir, simbol kekuatan nasional kita dan inti kekuatan militer kita, harus diperkuat baik dari segi kualitas maupun skalanya,” katanya.

Perundingan berulang yang bertujuan meyakinkan Kim untuk menghentikan program nuklirnya tidak membuahkan hasil. Pada Senin, dia memperingatkan bahwa dia dapat menggunakan atomnya jika “kepentingan mendasar” terancam.

telah menghentikan uji coba nuklir dan jarak jauh sementara Kim bertemu dengan presiden AS saat itu Donald Trump untuk pertarungan diplomasi yang gagal, yang runtuh pada 2019.

Bulan lalu, Pyongyang menguji coba ICBM dari jarak penuh untuk pertama kalinya sejak 2017. Citra satelit menunjukkan tanda-tanda aktivitas di lokasi uji coba nuklir, yang konon dihancurkan pada 2018 menjelang KTT Trump-Kim pertama.

Selasa (26/4), juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan Washington masih “terbuka untuk terlibat dalam diplomasi dan dialog” untuk mengakhiri program nuklir Korea Utara.

Tetapi kami juga memiliki kewajiban untuk mengatasi provokasi baru-baru ini yang kami lihat dari DPRK termasuk dua peluncuran ICBM baru-baru ini,” katanya kepada wartawan, merujuk pada Korea Utara dengan nama resminya, Republik Rakyat Demokratik Korea.

Para analis mengatakan pesan Kim tentang tujuan nuklir ini bisa menjadi tanggapan terhadap Presiden terpilih Korea Selatan yang konservatif dan menyerang, Yoon Suk-yeol, yang mulai menjabat pada 10 Mei mendatang.

“Yoon telah mengancam serangan pendahuluan di Pyongyang jika diperlukan, dan Kim tampaknya secara tidak langsung mengatakan bahwa dia mungkin harus merespons dengan taktik nuklir,” ujar Yang Moo-jin, seorang profesor di Universitas Studi Korea Utara.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here