KPK Tetapkan Bupati Bogor Tersangka Suap

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor ยท 28 Apr 2022 04:41 WIB

KPK Tetapkan Bupati Bogor Tersangka Suap


 Ketua KPK Firli Bahuri saat penetapan Bupati Bogor tersangka dugaan suap Perbesar

Ketua KPK Firli Bahuri saat penetapan Bupati Bogor tersangka dugaan suap

Bogordaily.net – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Bogor Ade Yasin sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

KPK Juga menetapakan belasan orang dan pegawai BPK sebaga tersangka serta memperlihatkan barang bukti berupa uang sebesar Rp 1 miliar lebih saat konfrensi pers yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube resmi KPK pada Kamis 28 April 2022 dini hari pukul 02:00 WIB.

“Dalam kegiatan tangkap tangan KPK berhasil melakukan penyitaan barang bukti berupa uang rupiah dengan total Rp 1.024.000.000 (miliar) yang terdiri dari Rp 570 juta tunai, dan uang yang pada rekening bank dengan jumlah sekitar Rp 454 juta rupiah,” kata Ketua KPK Firli Bahuri.

Firli kemudian menjelaskan awal mula pemyelidikan sugaan kasus suap tersebut. KPK awalnya menerima kabar adanya tindak pidana dugaan perkara korupsi dan menerjunkan tim menuju salah satu hotel di kawasan Puncak Kabupaten Bogor.

Saat itu para penerima suap masing-masing sudah kembali ke daerah masing-masing di Bandung.

“Sehingga KPK secara teknis membagi tugas ada yang berangkat ke Bandung dan ada juga yang mencari bukti yang memang diduga telah dilakukan terkait tindak pidana dugaan perkara korupsi. Tim mengamankan 4 pegawai BPK perwakilan Jawa Barat yang saat itu sedang berada di kediamannya masing-masing di Bandung pada tanggal 26 April 2022 malam,” ucap Firli.

Mereka kemudian langsung dibawa ke KPK dan kembali melakukan penangkapan di Bandung pada Rabu 27 April 2022. Temasuk Bupati Bogor Ade Yasin di rumahnya dan sejumlah ASN Pemkab Bogor.

“Tim juga mengamankan Bupati Kabupaten Bogor di rumahnya dan pihak 2 lain pejabat dan aparatur sipil negara Pemkab Bogor di rumah tempat tinggal masing-masing di Cibinong. Selanjutnya seluruh yang diamankan KPK dibawa ke Gedung Merah Putih KPK untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif,” imbuhnya.

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pengurus Matlahul Anwar Kabupaten Bogor Resmi Dilantik

3 Desember 2022 - 15:46 WIB

Tragis, Mayat Laki-Laki Ditemukan Kaku Terlungkap di Ciseeng

3 Desember 2022 - 13:37 WIB

mayat ciseeng

Bersama Pemdes, Karang Taruna Desa Tegal Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur

3 Desember 2022 - 09:58 WIB

korban gempa

Antre Bansos di Desa Sukajaya, Warga Berdesakan hingga Terjepit Pintu

3 Desember 2022 - 09:52 WIB

Anak di Bawah Umur Jadi Korban Keji Pelaku Pencabulan di Klapanunggal

3 Desember 2022 - 08:33 WIB

Pelaku pencabulan

Jangan Sampai Ditilang, Berikut Perpanjangan SIM Keliling di Kabupaten Bogor Hari Ini

3 Desember 2022 - 07:35 WIB

Perpanjangan SIM Keliling
Trending di Kabupaten Bogor