Wednesday, 22 May 2024
HomeBeritaManfaat Bunga Sepatu Untuk Kecantikan Wajah dan Rambut yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kecantikan Wajah dan Rambut yang Jarang Diketahui Orang

Bogordaily.net -Selain digunakan untuk mempercantik taman, juga ternyata memiliki manfaat lho. Namun, sangat disayangkan, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat untuk kecantikan.

Padahal, digadang-gadang bisa digunakan untuk kecantikan wajah dan rambut.

Kira-kira apa saja manfaatnya? Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat untuk kecantikan sebagai berikut:

Untuk kecantikan wajah:

1. Mengatasi kulit kusam
Punya kulit wajah kusam pastinya bikin enggak pede. Kalau sudah begini, mau tidak mau kita harus segera melakukan perawatan wajah alami untuk mengatasi wajah kusam. Salah satunya dengan menggunakan yang dapat mencerahkan wajah kusam secara alami.

Manfaat untuk mengatasi kulit wajah kusam didapatkan berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Selain mengatasi wajah kusam, kandungan antioksidan pada juga bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini.

2. Melembapkan kulit
Tidak hanya mengatasi kulit kusam, manfaat berikutnya dapat melembapkan kulit secara alami. Memiliki kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik dapat menjaga elastisitas kulit. Sehingga, kulit tetap kencang dan mencegah munculnya tanda penuaan dini.

3. Mengatasi masalah jerawat
Jerawat menjadi salah satu permasalah kulit yang dialami sebagian besar perempuan. Jangan khawatir, karena salah satu manfaat adalah mencegah sekaligus mengatasi masalah jerawat di wajah. Hal ini berkat sifat yang dapat menyerap minyak berlebih pada wajah.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kita bisa membuat minyak bunga sepatu alami. Cukup haluskan kelopak bunga dan daun sepatu yang telah dibersihkan. Masukkan ke dalam panci, dan tambahkan 230 ml minyak zaitun atau canola oil.

Panaskan di atas api kecil selama 30 detik, lalu tunggu sampai dingin. Setelah itu, saring minyak bunga sepatu dan masukkan ke dalam botol semprot. Oleskan minyak bunga sepatu secara rutin untuk mengatasi masalah jerawat di wajah.

4. Membersihkan pori-pori wajah
Bunga sepatu termasuk sumber alami AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit. Melakukan eksfoliasi wajah secara menyeluruh bertujuan untuk membersihkan pori-pori secara mendalam. Dengan begitu, kulit wajah menjadi lebih halus dan glowing.

 

Untuk Rambut:

1. Mempercepat pertumbuhan rambut
Selanjutnya, bunga sepatu juga bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara alami. Meskipun masih sedikit asing, namun penggunaan minyak rambut herbal dari bunga sepatu ini sudah sangat lumrah di India, lo!

Untuk menggunakannya, cukup teteskan minyak herbal bunga sepatu ke kulit kepala. Pijat selama 10 menit, dan diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo.

2. Menutrisi rambut
Kandungan vitamin dan mineral pada bunga sepatu bermanfaat untuk menutrisi setiap batang rambut agar tidak mudah patah dan kusut. Rajin menggunakan minyak bunga sepatu pada kulit kepala juga bermanfaat merevitalisasi kulit kepala, sekaligus melancarkan peredaran darah untuk mencegah kerontokan rambut.

3. Menghilangkan uban
Last but not least, manfaat bunga sepatu yang tak kalah menarik: menghilangkan uban secara alami. Caranya sangat sederhana, cukup ambil beberapa kelopak bunga sepatu dan cuci hingga bersih. Lalu, tumbuk hingga halus dan campurkan dengan minyak kelapa.

Oleskan campuran minyak kelapa dengan bunga sepatu dari pangkal hingga ujung rambut secara merata. Diamkan beberapa menit, lalu bilas rambut hingga bersih.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here