Thursday, 2 May 2024
HomeBerita5 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

5 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

Bogordaily.net – Buah selain terkenal dengan rasanya yang asam ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun karena rasanya yang asam inilah banyak orang enggan untuk mengonsumsinya.

Rasa asam yang terkandung dalam ini berasal dari asam sitrat. Selain mengandung asam sitrat, juga mengandung berbagai macam zat gizi yang diperlukan oleh tubuh seperti fosfor, kalsium, kalium, dan berbagai jenis zat antioksidan.

Nah, sekarang yuk intip manfaat mengonsumsi buah :

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat yang pertama adalah dapat membantu melancarkan pencernaan. Air dipercaya sebagai obat pencahar alami yaitu mampu mengatasi perut yang sembelit.

Kandungan asam dan serat pektin dalam buah inilah yang berfungsi untuk membantu proses penguraian makanan dalam sistem percernaan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika mencampurkan air dengan air hangat, pastikan daging buahnya dimasukkan juga agar manfaat dari seratnya tidak hilang.

2. Menjaga Sistem Imun

Buah telah dikenal banyak orang sebagai sumber vitamin C. Salah satu fungsi dari vitamin ini adalah untuk memelihara sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah sakit dan terhindar dari radikal bebas.

Manfaat lain dari vitamin C yaitu untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan melindungi tubuh dari infeksi.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C pada selain dapat menjaga sistem imun juga mampu menjaga kelembapan kulit. Vitamin C yang terkandung pada mampu meningkatkan produksi kolagen yaitu salah satu jenis protein yang berperan dalam menjaga elastisitas dan kesehatan kulit.

Mengonsumsi buah lemon secara rutin akan membuat kulit terlihat lebih segar dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan keriput.

4. Memelihara Kesehatan Tulang dan Otot

Kandungan gizi lainnya yang juga tak kalah pentingnya bagi tubuh yaitu kalsium dan kalium. kandungan mineral ini berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang dan otot.

Manfaat lainnya dari kedua mineral ini adalah menjaga keseimbangan tekanan darah sehingga tetap dalam keadaan normal.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meminum air hangat yang dicampur dengan lemon dipercaya mampu untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena lemon mampu menghilangkan lemak dalam tubuh.

Selain itu campuran air dengan lemon mampu memberikan rasa kenyang sehingga dapat menahan asupan kalori dan membuat berat badan turun.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi buah lemon. Untuk mengurangi rasa asam pada lemon maka bisa dicampurkan dengan bahan minuman dan makanan lain seperti dicampur dengan teh hangat atau dengan madu untuk menambahkan rasa manis.

Kamu juga bisa mengubah buah lemon menjadi infused water dengan mencampurkannya dengan beberapa potongan buah lainnya.

Ketika akan mengonsumsi lemon pastikan terlebih dahulu perutmu dalam keadaan terisi atau sudah makan. Hal ini untuk menghindari naiknya asam lambung yang menyebabkan perut dan dada terasa perih.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here