Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaManfaat Temulawak dan Kunyit Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Temulawak dan Kunyit Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Bogordaily.net – Temulawak dan kunyit putih telah lama digunakan sebagai obat tradisional yang digunakan untuk berbagai masalah . Ada banyak dan kunyit putih bagi .

Apa saja dan kunyit putih bagi tubuh? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Bantu atasi masalah pencernaan
Melansir dari Wild Turmeric, kunyit putih mampu mengurangi refluks asam lambung secara signifikan dan telah terbukti dapat menyembuhkan gejala maag.

Kunyit putih juga telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan lainnya seperti kehilangan nafsu makan, cacingan, perut kembung, dan buang air besar tidak teratur.

Tak hanya itu, kunyit putih juga dapat mencegah radang usus yang disebabkan oleh stres.

dan kunyit putih dapat membantu tubuh mendeteksi racun penyebab peradangan, sehingga dapat mengurangi peradangan dengan cepat.

2. Pereda rasa nyeri
dan kunyit putih lainnya yang tidak kalah menakjubkan adalah meredakan nyeri. Kunyit putih mempunyai sifat analgesik sehingga cukup efektif dalam mengurangi rasa sakit.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Medicine, kandungan kurkumin dalam temulawak dan kunyit putih dapat mengurangi nyeri PMS, nyeri payudara, sakit kepala, hingga sakit punggung.

Sementara itu, penelitian lainnya juga menunjukkan temulawak dan kunyit bisa membantu meringankan rasa sakit terkait operasi pencabutan gigi bungsu.

3 Mengurangi risiko kanker
Mengonsumsi air rebusan temulawak dan kunyit putih bisa menurunkan risiko penyakit kanker lho!

Telah banyak penelitian yang membuktikan hal ini, di mana curcumin yang terkandung dalam temulawak dan kunyit putih berkontribusi pada kematian sel kanker dan mengurangi penyebarannya ke sel-sel tubuh yang lain.

Bukti lain juga menunjukkan bahwa efek ini lebih besar berdampak pada pencegahan kanker pencernaan, seperti kanker kolorektal.

Menurunkan kadar kolesterol darah
Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, konsumsi rutin kunyit putih diyakini dapat membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol. Kunyit putih berperan dalam mengurangi kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL.

4. Meredakan nyeri otot
Temulawak juga bisa meredakan pegal-pegal dan nyeri otot. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biological Chemistry tahun 2011, kurkumin menunjukkan dapat mencegah rasa sakit dengan mencegah inflamasi tertentu pada sel tendon manusia.

Temulawak juga dikenal luas sebagai penambah stamina tubuh, dengan membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar.

5. Mencerahkan kulit dan mencegah munculnya jerawat

Selain bermanfaat bagi , kunyit putih dan temulawak juga berperan dalam kecantikan kulitmu.

Apa saja dan kunyit putih untuk kecantikan? Melansir dari Healthline, kandungan antioksidan dalam kunyit bisa buat kulitmu mencerahkan warna kulit sekaligus membuat wajahmu glowing alami.

Sementara itu, sifat antiinflamasi dan antibakteri di dalam masker kunyit juga bisa membasmi bakteri penyebab jerawat

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa minyak esensial kunyit dalam formulasi lotion dapat mencerahkan kulit dalam waktu tiga minggu dengan hasil yang bertahan lama.

Efek ini juga bisa kamu dapatkan dari masker kunyit yang dicampur dengan bahan alami lainnya seperti yogurt dan madu untuk berikan kelembapan ekstra.

Itulah tadi sejumlah manfaat temulawak dan kunyit putih untuk tubuh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here