Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorMasjid Jami Al Atiqiyah Diyakini Jadi Masjid Tertua di Kabupaten Bogor

Masjid Jami Al Atiqiyah Diyakini Jadi Masjid Tertua di Kabupaten Bogor

Bogordaily.net – Masjid Jami Al Atiqiyah terletak di jalan Karadenan Kaum, Cibinong, Kabupaten , ,  terletak di dalam gang kecil di Jalan Kaum I. Meski di gang sempit, masjid ini punya dan peran besar bagi warga sekitar.

Masjid ini merupakan peninggalan kerajaan Muara Beres yang juga diklaim sebagai masjid tertua di , menurut catatan masjid Alatiqiyah didirikan Raden Syafei pada tahun 1667

Hal ini disampaikan langsung oleh Tim Percepat Pembangunan Strategis Kabupaten , sekaligus Ketua MUI Kabupaten Bid Pendidikan dan Kaderisasi, Saepudin Muchtar.

“Masjid Jami' Al Atiqiyah terletak di Karadenan Cibinong. Karadenan dulunya bernama kawung pandak, pusat Pemerintahan Kerajaan Islam Muara Beres”. Ucapnya.

Menurutnya masjid ini didirkan oleh Raden Syafi'i, merupakan penyebar Ajaran agama islam dan masih keturunan Kerajaan Padjajaran.

“Didirikan oleh Raden Syafi'i tahun 1667M, merupakan penyebar ajaran Agama islam. Putra dari Prabu Wisesa Raja Muara Beres yang masih keturunan Trah Kerajaan Padjajaran”. Jelasnya.

Selain itu Masjid Jami' Al Atiqiyah diyakini juga sebagai salah satu masjid di , dan Mungkin di Indonesia yang memiliki Museum Keris.

“Dan luar biasanya, Masjid ini satu- satunya masjid di , mungkin di Indonesia yang memiliki Museum Keris.
Dan menyimpan sejumlah senjata pusaka peninggalan pusat perkembangan agama islam tertua di priangan barat”. Tutupnya.

(Albin Pandita Febriyantama)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here