Saturday, 18 May 2024
HomeEkonomiMau Mudik ke Palembang Lewat Tol Trans Sumatera? Cek Ini Tarifnya

Mau Mudik ke Palembang Lewat Tol Trans Sumatera? Cek Ini Tarifnya

Bogordaily.net– Bagi yang akan melakukan tradisi tahun ini, Pemerintah sudah memberi kelonggaran. Termasuk jika ingin pulang ke kampung halaman menuju Pulau Sumatera dengan menggunakan mobil pribadi. Jika memutuskan naik mobil pribadi melewati , jangan lupa untuk mempersiapkan segala hal seperti memastikan kondisi kendaraan prima dan tak lupa mengisi kartu e-Toll yang digunakan untuk bertransaksi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan jalan sepanjang 691 km siap melayani masyarakat . Di tol tersebut juga sudah tersedia Tempat Istirahat dan Pelayanan.

“Di Pulau Sumatera, Jalan yang operasional sepanjang 691 km sebanyak 25 TIP (22 TIP A dan 3 TIP B) dan jalan nasional non tol sepanjang 7.918 km terdiri dari Lintas Timur, Tengah dan Barat dengan kondisi mantap 96,3%,” ujar Basuk dikutip dari Detik.com melalui laman BPJT.

Nah, berikut ini tarif Golongan I bagi yang mau ke Palembang naik mobil pribadi seperti dikutip Detik.com dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Tomang-Cikupa: Rp7.000

Cikupa-Merak: Rp 44.000

Bakauheni Selatan-Terbanggi Besar: Rp 118.500

Terbanggi Besar-Kayu Agung: Rp 170.500

Kayu Agung-Palembang: Rp 50.000

Tarif keseluruhan Jakarta-Palembang masuk dari Tol Tomang maka harus mengisi e-Toll minimal Rp390.000. Namun, tidak terbatas hanya sampai Palembang. Beberapa ruas tol seperti Palembang-Indralaya, Belawan-Tanjung Morawa, Pekanbaru-Dumai, hingga Medan-Binjai juga telah beroperasi dengan rincian tarif sebagai berikut.

Palembang-Indralaya: Rp20.500

Belawan-Tanjung Morawa: Rp8.500

Pekanbaru-Dumai: Rp118.500

Medan-Binjai: Rp13.000

Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi: Rp55.500

Sebelumnya diberitakan tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperbolehkan masyarakat bila ingin melakukan perjalanan mudik menjelang nanti.

“Menjelang Idulfitri nanti bagi Bapak, Ibu, saudara-saudara sekalian yang ingin mudik juga diperbolehkan, sehingga bisa berkumpul kembali bersama orang tua, sanak saudara, dan keluarga tercinta di kampung halaman,” ujar Jokowi.

Meski demikian, Jokowi kembali mengingatkan seluruh masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, ia juga menyampaikan pentingnya vaksinasi untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here