Friday, 29 March 2024
HomeEkonomiMau Tukar Uang Buat Lebaran? Berikut Jadwal, Lokasi, dan Syaratnya

Mau Tukar Uang Buat Lebaran? Berikut Jadwal, Lokasi, dan Syaratnya

Bogordaily.net–  Layanan tukar pecahan uang rupiah selama periode Ramadan 2022 kembali dibuka (BI) yang bekerja sama dengan perbankan. Layanan yang disebut kas keliling ini tersedia di berbagai titik di Tanah Air.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang (DPU) BI, Marlison Hakim mengatakan layanan penukaran uang melalui kas keliling BI sudah bisa dipesan melalui website PINTAR sampai 29 April 2022.

Selain BI, penukaran uang juga dilakukan oleh perbankan yang bekerja sama sebanyak 262 bank di seluruh Indonesia. Berbeda dengan sebelumnya, mobil kas perbankan baru beroperasi dua pekan sebelum atau 18-29 April 2022.

“Kegiatan layanan penukaran uang ini akan mendekati puncak pada 2 minggu sebelum sehingga kegiatan mobil kas keliling perbankan akan dimulai pada 18-29 April 2022,” ujar Marlison dalam konferensi pers virtual dikutip dari Detik.com.

Khusus penukaran uang melalui layanan kas keliling BI, masyarakat diminta melakukan pemesanan online terlebih dulu melalui website PINTAR agar semakin nyaman, mudah, dan memperoleh kepastian jumlah serta kualitas uang yang ditukarkan.

Melalui website PINTAR, masyarakat jadi mengetahui harus melakukan penukaran uang di mana BI beroperasi. Caranya tinggal buka website PINTAR, lakukan pemesanan dengan memilih menu untuk penukaran melalui kas keliling, pilih lokasi, jam, dan jumlah uang yang mau ditukar.

“Sehingga masyarakat pada waktunya nanti membawa bukti pemesanan datang kepada lokasi yang dituju, jam yang dituju dengan mengubah uang sesuai penukaran dan saat itu juga dilayani. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi berdesak-desakan dan mencari di mana mobil kas keliling BI beroperasi,” jelasnya.

Sementara itu penukaran uang rupiah tersebar di 5.013 titik penukaran meliputi 453 titik penukaran di wilayah Jabodebek dan 4.560 di luar wilayah Jabodebek yang dapat diperoleh masyarakat.

Penukaran uang di mobil kas perbankan bisa dilakukan langsung di berbagai lokasi yang disediakan. Khusus di Jabodebek dilakukan di Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang dan Terminal Kalideres.

Ia menjelaskan, masing-masing tempat ada 3 bank. Stasiun Gambir ada BRI, BJB, BTN. Terminal Kampung Rambutan ada BCA, Bank OCBC NISP, CIMB Niaga. Terminal Pulo Gebang ada Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata. Terminal Kalideres ada BNI, Sinarmas dan Maybank.

BI pun membatasai jumlah penukaran uang yang maksimal hanya boleh menukar pecahan Rp3,8 juta per orang. Dengan begini diharapkan ada pemerataan sehingga tidak hanya orang tertentu saja yang bisa mendapatkannya.

“Kita batasi penukaran kepada masyarakat Rp3,8 juta dengan masing-masing pecahan 1 pack mulai dari Rp 1.000 sampai Rp20.000,” jelasnya.

Tidak ada syarat khusus untuk melakukan penukaran uang di layanan kas keliling BI. Masyarakat tinggal memesan melalui website PINTAR dan membawa bukti pemesanan pada waktu dan lokasi yang dipilih.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here