Saturday, 27 April 2024
HomeTravellingMelongok Masjid-Masjid Terapung yang Kerap Jadi Objek Wisata Religi

Melongok Masjid-Masjid Terapung yang Kerap Jadi Objek Wisata Religi

Bogordaily.net–  Indonesia memiliki masjid yang berfungsi lebih dari sekadar tempat ibadah umat Muslim. Di antara ribuan masjid itu, sebagian sering menjadi objek , terutama yang memiliki desain arsitektur menawan. Salah satunya . Bangunan umumnya berdiri di atas permukaan air ini tampak seolah-olah terapung. Ada cukup banyak daftarnya. Dilansir dari Liputan6.com, berikut masjid- dirangkum dari berbagai sumber.

Al Jabbar

Masjid Raya Al Jabbar terletak di Bandung tepatnya di kawasan Gedebage. ini dibangun pada 2017–2018. Perancang desainnya adalah Gubernur Jawa Barat saat ini, Ridwan Kamil. Dilansir dari Jabarprov.go.id, nama Al-Jabbar dipilih karena merupakan satu di antara 99 Asmaul Husna. Nama itu memiliki arti Maha Gagah, Maha Kuasa. Masjid itu mampu menampung 60 ribu jamaah, terbagi jadi 33 ribu jamaah di dalam masjid dan sisanya tersebar di area plaza.

Di lantai dasar masjid terdapat museum sejarah Nabi Muhammad SAW yang akan memperlengkap paket di kawasan ini. Masjid itu juga diperkaya dengan tempat penginapan, perpustakaan, serta ruang pertemuan yang juga bisa digunakan sebagai tempat seminar, khususnya seminar keagamaan.

Amirul Mukminin

Amirul Mukminin terletak di pesisir Pantai Losari, Makassar. Masjid tersebut merupakan pertama di Indonesia yang patut dikunjungi ketika berada di Kota Anging Mammiri. Biasanya pengunjung menikmati suasana masjid ini dengan bersantai dan berfoto di sekitar masjid.

Bangunannya terdiri dari tiga lantai, dua lantai di antaranya digunakan sebagai tempat salat. Sementara, lantai dasar masjid dijadikan tempat rekreasi untuk melihat keindahan sunset di Pantai Losari sekaligus sebagai tempat melihat hilal untuk penentuan awal bulan Ramadan.

Amirul Mukminin. (Ourtraveling.id/Bogordaily.net)

Masjid Terapung Al-Minah

Masjid Terapung Al-Minah terletak di Pantai Sari Ringgung di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Masjid tersebut berdiri sejak 2006 atas dasar kerisauan seseorang karena tidak ada tempat ibadah umat Islam di lingkungan tersebut. Dikutip dari YouTube Lampung Geh, Masjid Terapung Al-Aminah menjadi satu-satunya masjid murni terapung di Lampung, bahkan di Indonesia. Sesuai dengan namanya, masjid tersebut terapung di atas drum plastik berukuran besar.

Masjid Al-Munawaroh

Masjid Al-Munawaroh terletak di Maluku Utara, tepatnya di Ternate, juga memiliki masjid terapung yang memesona. Masjid ini mampu menampung sekitar 15 ribu jemaah sekaligus. Masjid Ternate didirikan Pemerintah Kota Ternate di bibir pantai. Proses pembangunannya membutuhkan waktu kurang lebih tujuh tahun yang dimulai dengan peletakan batu pertama pada 2003.

Masjid Raya Al-Munawaroh sangat menonjol dengan keempat menaranya yang berdiri menjulang, mencapai 44 meter. Bangunannya berada di atas lahan seluas enam hektare, dengan luas bangunannya mencapai 9.512 meter persegi. Masjid terapung itu juga termasuk dari kategori bangunan monumental dengan spesifikasi khusus karena terdapat beberapa bahan bangunan yang didatangkan langsung dari Turki, seperti keramik dan lampu yang sangat indah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here