Tuesday, 16 April 2024
HomeTravellingMelongok Tugu Santri, Jejak Penyebaran Islam di Jawa Barat

Melongok Tugu Santri, Jejak Penyebaran Islam di Jawa Barat

Bogordaily.net– Berwisata ke di tengah bulan suci Ramadan bisa mengunjungi sebuah masjid bersejarah. Di sana, terdapat sebuah tugu yang diberi nama . Ya, berdiri tegak persis di depan halaman Masjid Agung , Jawa Barat.

Tugu ini dibuat untuk mengingatkan jika di Masjid Agung ini pernah berdiri madrasah atau pusat pendidikan Islam yang dibangun oleh Syeikh Hasanudin atau lebih dikenal sebagai Syeh Quro. Ia merupakan salah satu ulama yang pertama menyebarkan Islam di Jawa Barat.

Dilansir dari Okezone.com, didirikan tahun 2018 oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pembangunan monumen tugu ini dipandang perlu kepada generasi muda tentang sejarah masuknya Islam di Jawa Barat. Masjid Agung menjadi pusat penyebaran Islam oleh Syeh Quro.

Ketua DKM Masjid Agung, Acep Jamhuri mengatakan Syeh Quro mendirikan madrasah di Masjid Agung kemudian mulai menyebarkan Islam di Jawa Barat. Sebab jasa Syeh Quro dalam menyebarkan Islam kata Acep cukup besar di Jawa Barat.

Hal itulah yang membuat Ridwan Kamil menyediakan anggaran untuk pembangunan monumen di Masjid Agung. Sebab, salah satu jejak peradaban Islam di Jawa Barat ada di masjid tersebut.

“Untuk mengenang itu semua, Pemprov Jabar menyediakan anggaran untuk membangun monumen ,” tambahnya.

Lebih lanjut Acep menjelaskan, monumen Tugu Santri terdiri dari empat kujang dan di bagian atas terdapat mushaf Al-Qur'an yang terbuka. Lalu di bagian tengah terdapat simbol kemudi kapal laut serta ada tasbih besar yang mengitari monumen itu.

“Monumen itu memiliki makna tersendiri diantara simbol yang ada,” katanya.

Lalu ada pula simbol kemudi kapal laut menandakan saat penyebaran Islam oleh Syeh Quro dilakukan melalui laut pesisir . Saat itu pesisir laut masih ramai oleh jasa perdagangan. Selanjutnya ada tasbih yang melambangkan cinta kasih antara Sri Baduga Prabu Siliwangi dengan Nyi Mas Subang Larang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here